PLTA Batangtoru Sumut Perlu Dukungan Investor

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 07:09 WIB

PLTA (Foto Merdeka)
PLTA (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"PLTA  Batangtoru akan menambah ketersediaan energi di Sumut yang masih belum memadai," ujar Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Minggu.(19/8/2018)
 

Semakin banyak energi,katanya, selain membantu operasional perusahaan, juga akan mendorong investor baru masuk ke Sumut.

Dukungan semakin kuat, kata Parlindungan yang juga anggota DPD RI karena pembangkit yang diinformasikan berkapasitas 510 MW tersebut menggunakan energi terbarukan yakni air.

Pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan akan lebih efisien dan ramah lungkungan.

"Potensi bahan energi terbarukan yang banyak di Sumut juga memang perlu dukungan kuat untuk dikelola seperti yang dilakukan investor  PT North Sumatra Hydro Energy (NSHE)," ujar Parlindungan.

Dia berharap, investor bisa menjalankan proyek itu dengan memenuhi aturan yang diberlakukan sehingga dampak negatif pembangunan tersebut bisa dihindari.

"Saya yakin, investor bisa menjalankan proyek itu dengan baik karena saat mengeluarkan izin, pemerintah pasti sebelumnya sudah mengevaluasi dan menetapkan berbagai ketentuan yang harus dijalankan investor PLTA Batangtoru itu," katanya.

Parlindungan menegaskan, DPD RI telah mengusulkan Rancangan Undang-Undang Energi Terbarukan.

Senior Advisor Bidang Lingkungan PT NSHE Agus Djoko Ismanto di Tapanuli Selatan sebelumnya menyebutkan, PLTA Batangtoruru itu direncanakan beroperasi pada tahun 2020.

PLTA itu diklaim ramah lingkungan karena lepas dari areal hutan primer atau berada pada wilayah Areal Penggunaan Lainnya (APL) yang merupakan perkebunan campuran non intensif milik masyarakat.

Menurut Agus, PLTA Batangtoru memanfaatkan teknologi ramah lingkungan yakni "run of river" atau memanfaatkan pola aliran sungai sehingga tidak menyebabkan penurunan atau peningkatan kuantitas air Sungai Batangtoru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…