PLTA Batangtoru Sumut Perlu Dukungan Investor

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 07:09 WIB

PLTA (Foto Merdeka)
PLTA (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"PLTA  Batangtoru akan menambah ketersediaan energi di Sumut yang masih belum memadai," ujar Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Minggu.(19/8/2018)
 

Semakin banyak energi,katanya, selain membantu operasional perusahaan, juga akan mendorong investor baru masuk ke Sumut.

Dukungan semakin kuat, kata Parlindungan yang juga anggota DPD RI karena pembangkit yang diinformasikan berkapasitas 510 MW tersebut menggunakan energi terbarukan yakni air.

Pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan akan lebih efisien dan ramah lungkungan.

"Potensi bahan energi terbarukan yang banyak di Sumut juga memang perlu dukungan kuat untuk dikelola seperti yang dilakukan investor  PT North Sumatra Hydro Energy (NSHE)," ujar Parlindungan.

Dia berharap, investor bisa menjalankan proyek itu dengan memenuhi aturan yang diberlakukan sehingga dampak negatif pembangunan tersebut bisa dihindari.

"Saya yakin, investor bisa menjalankan proyek itu dengan baik karena saat mengeluarkan izin, pemerintah pasti sebelumnya sudah mengevaluasi dan menetapkan berbagai ketentuan yang harus dijalankan investor PLTA Batangtoru itu," katanya.

Parlindungan menegaskan, DPD RI telah mengusulkan Rancangan Undang-Undang Energi Terbarukan.

Senior Advisor Bidang Lingkungan PT NSHE Agus Djoko Ismanto di Tapanuli Selatan sebelumnya menyebutkan, PLTA Batangtoruru itu direncanakan beroperasi pada tahun 2020.

PLTA itu diklaim ramah lingkungan karena lepas dari areal hutan primer atau berada pada wilayah Areal Penggunaan Lainnya (APL) yang merupakan perkebunan campuran non intensif milik masyarakat.

Menurut Agus, PLTA Batangtoru memanfaatkan teknologi ramah lingkungan yakni "run of river" atau memanfaatkan pola aliran sungai sehingga tidak menyebabkan penurunan atau peningkatan kuantitas air Sungai Batangtoru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama saat meninjau KEK Morotai

Sabtu, 26 November 2022 - 16:00 WIB

Resmikan Falila Square, Menparekraf Sandiaga Uno Takjub Keindahan Pariwisata KEK Morotai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara langsung menghadiri Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Kawasan Benteng Van den Bosch

Sabtu, 26 November 2022 - 15:48 WIB

Siap Diresmikan, Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Benteng Pendem Kabupaten Ngawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten…

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan depan) menerima penghargaan pada malam puncak penganugerahan AMH 2022.

Sabtu, 26 November 2022 - 15:42 WIB

Telkom Terima Dua Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Anugerah Media Humas 2022

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih dua penghargaan pada bidang komunikasi di ajang Anugerah Media Humas 2022.

Ilustrasi olahraga

Sabtu, 26 November 2022 - 15:22 WIB

Cegah Nyeri Sendi Sebelum Bertambah Parah dengan Nutrisi Khusus Sendi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan istilah osteoarthritis. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nyeri…