PLTA Batangtoru Sumut Perlu Dukungan Investor

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 07:09 WIB

PLTA (Foto Merdeka)
PLTA (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"PLTA  Batangtoru akan menambah ketersediaan energi di Sumut yang masih belum memadai," ujar Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Minggu.(19/8/2018)
 

Semakin banyak energi,katanya, selain membantu operasional perusahaan, juga akan mendorong investor baru masuk ke Sumut.

Dukungan semakin kuat, kata Parlindungan yang juga anggota DPD RI karena pembangkit yang diinformasikan berkapasitas 510 MW tersebut menggunakan energi terbarukan yakni air.

Pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan akan lebih efisien dan ramah lungkungan.

"Potensi bahan energi terbarukan yang banyak di Sumut juga memang perlu dukungan kuat untuk dikelola seperti yang dilakukan investor  PT North Sumatra Hydro Energy (NSHE)," ujar Parlindungan.

Dia berharap, investor bisa menjalankan proyek itu dengan memenuhi aturan yang diberlakukan sehingga dampak negatif pembangunan tersebut bisa dihindari.

"Saya yakin, investor bisa menjalankan proyek itu dengan baik karena saat mengeluarkan izin, pemerintah pasti sebelumnya sudah mengevaluasi dan menetapkan berbagai ketentuan yang harus dijalankan investor PLTA Batangtoru itu," katanya.

Parlindungan menegaskan, DPD RI telah mengusulkan Rancangan Undang-Undang Energi Terbarukan.

Senior Advisor Bidang Lingkungan PT NSHE Agus Djoko Ismanto di Tapanuli Selatan sebelumnya menyebutkan, PLTA Batangtoruru itu direncanakan beroperasi pada tahun 2020.

PLTA itu diklaim ramah lingkungan karena lepas dari areal hutan primer atau berada pada wilayah Areal Penggunaan Lainnya (APL) yang merupakan perkebunan campuran non intensif milik masyarakat.

Menurut Agus, PLTA Batangtoru memanfaatkan teknologi ramah lingkungan yakni "run of river" atau memanfaatkan pola aliran sungai sehingga tidak menyebabkan penurunan atau peningkatan kuantitas air Sungai Batangtoru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

Kamis, 18 Juli 2019 - 08:00 WIB

PT Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

PT Pupuk Kujang sebagai anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan usaha dan bisnisnya dengan membangun pabrik CO2 di Cikampek, Jawa Barat. Dengan menggandeng PT Rekayasa…

Waskita (ist)

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:13 WIB

Cegah Korupsi, Waskita Karya Wajibkan Kepala Proyek Lapor LHKPN ke KPK

Jakarta– PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) mendukung penuh imbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta agar BUMN maupun swasta berkomitmen mencegah terjadinya penyimpangan.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:00 WIB

Menteri Rini: INKA Bangun Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara di Banyuwangi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau progres pembangunan workshop atau pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (Persero) di Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan…

Go Work

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:37 WIB

Kebahagiaan dalam Bekerja: Sebuah Observasi Atas Peran Dinamis Lingkungan Pekerjaan

Akhir tahun lalu, LinkedIn melakukan survei mendalam terhadap 2.000 karyawan profesional tentang sebuah topik mengenai “kebahagiaan di tempat kerja” (kondisi yang kita perjuangkan, tetapi…

Sriwijaya Air (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:00 WIB

Sriwijaya Air Group Terus Berkomitmen Menjaga Penerbangan Tetap Aman & Nyaman

Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan, Sriwijaya Air Group berkomitmen penuh untuk dapat terus memberikan pengalaman penerbangan yang menyenangkan kepada seluruh pelanggannya