PLTA Batangtoru Sumut Perlu Dukungan Investor

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 07:09 WIB

PLTA (Foto Merdeka)
PLTA (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Medan - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Batangtoru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

"PLTA  Batangtoru akan menambah ketersediaan energi di Sumut yang masih belum memadai," ujar Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Minggu.(19/8/2018)
 

Semakin banyak energi,katanya, selain membantu operasional perusahaan, juga akan mendorong investor baru masuk ke Sumut.

Dukungan semakin kuat, kata Parlindungan yang juga anggota DPD RI karena pembangkit yang diinformasikan berkapasitas 510 MW tersebut menggunakan energi terbarukan yakni air.

Pembangunan pembangkit listrik dengan energi terbarukan akan lebih efisien dan ramah lungkungan.

"Potensi bahan energi terbarukan yang banyak di Sumut juga memang perlu dukungan kuat untuk dikelola seperti yang dilakukan investor  PT North Sumatra Hydro Energy (NSHE)," ujar Parlindungan.

Dia berharap, investor bisa menjalankan proyek itu dengan memenuhi aturan yang diberlakukan sehingga dampak negatif pembangunan tersebut bisa dihindari.

"Saya yakin, investor bisa menjalankan proyek itu dengan baik karena saat mengeluarkan izin, pemerintah pasti sebelumnya sudah mengevaluasi dan menetapkan berbagai ketentuan yang harus dijalankan investor PLTA Batangtoru itu," katanya.

Parlindungan menegaskan, DPD RI telah mengusulkan Rancangan Undang-Undang Energi Terbarukan.

Senior Advisor Bidang Lingkungan PT NSHE Agus Djoko Ismanto di Tapanuli Selatan sebelumnya menyebutkan, PLTA Batangtoruru itu direncanakan beroperasi pada tahun 2020.

PLTA itu diklaim ramah lingkungan karena lepas dari areal hutan primer atau berada pada wilayah Areal Penggunaan Lainnya (APL) yang merupakan perkebunan campuran non intensif milik masyarakat.

Menurut Agus, PLTA Batangtoru memanfaatkan teknologi ramah lingkungan yakni "run of river" atau memanfaatkan pola aliran sungai sehingga tidak menyebabkan penurunan atau peningkatan kuantitas air Sungai Batangtoru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:13 WIB

PerLKPP Baru Diterbitkan, Menteri Basuki : Pengadaan Barang dan Jasa Harus Kompetitif, Transparan, dan Akuntabel

Menteri PUPR Basuki mengatakan bahwa pada prinsipnya pengadaan barang dan jasa ini harus kompetitif, transparan, dan akuntabel karena Indonesia mempunyai ribuan penyedia jasa baik besar maupun…

Gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:00 WIB

Pemanfaatan Digital Skills dengan Benar Selamatkan Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih yang berdampak pada bisnis dan perekonomian, serta dalam pemanfaatan digital ternyata mampu untuk membuat pelaku usaha dan UMKM bisa…

Sawah yang menguning siap panen

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:46 WIB

Apresiasi Pakar Pangan UB Untuk Indonesia Sebagai Anggota Dewan FAO

Pakar ketahanan pangan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Sujarwo menyampaikan selamat sekaligus apresiasi setinggi-tingginya atas terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan FAO yang…

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…