BJHabibie Tekankan Peneliti Muda Orientasi Kebutuhan Rakyat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:12 WIB

BJ Habibie (Foto Dok Industry. ci.id)
BJ Habibie (Foto Dok Industry. ci.id)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Presiden Ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie berpesan agar para peneliti muda bersikap konsisten dan berorientasi pada kebutuhan rakyat.

"Kita harus konsolidasi. Kita harus lebih bekerja sama sebagai satu tim dari Sabang sampai Merauke," kata Habibie seusai memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" di Pekanbaru, Riau, Kamis (9/8/2018)

Habibie mengatakan riset harus diarahkan kepada kebutuhan rakyat yang akan bisa berkembang bila inovasi dikembangkan dari dasar-dasar pemikiran ekonomi pasar Pancasila.

"Pasarnya ya orang-orang, yang beli kan ada di Timur, Utara. Kan kita sudah mempunyai satelit sekarang," jelasnya seperti dilansir Antara.

Dalam pidato kuncinya, Habibie mengatakan meskipun teknologi terus berkembang, dan dunia saat ini disebut-sebut memasuki era industri 4.0, tetap ada yang jauh lebih penting daripada teknologi.

"Robot tetap tidak akan bisa menggantikan manusia yang memiliki otak yang diciptakan Tuhan," ujarnya.

Habibie memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XXIII 2018 .

Acara tersebut dibuka Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir yang sekaligus memberikan arahan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

 Lokasi pameran rangkaian sepeda motor Harley-Davidson dalam ajang IIMS 2019

Kamis, 25 April 2019 - 21:42 WIB

Ini Dia Deretan Motor Unggulan Harley Davidson di IIMS 2019

Harley-Davidson Motor Company kembali berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Ini merupakan keikutsertaannya yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.