Jelang Idul Adha, Surabaya Perlu Kurban Capai 2.000 Sapi

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Agustus 2018 - 07:15 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, memperkirakan kebutuhan hewan kurban di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur mencapai 2.000 ekor sapi dan 4.000 ekor kamping untuk Hari Raya Idul Adha 2018.

Kepala DKPP Surabaya, Joestamadji di Surabaya, Senin (6/8/2018) , mengatakan untuk mencukupi kebutuhan sapi dan kambing dipasok di antaranya  dari Kabupaten Bojonegoro, Lumajang, Trenggalek, dan Pulau Madura.

"Hewan kurban rata-rata berasal dari daerah di Jatim. Ini dikarenakan hewan kurban dari sana  masih aman dari serangan penyakit kuku atau antrhax," tambahnya.

Meski begitu, lanjut dia pihaknya tidak boleh lengah dengan terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada  H-14 Hari Raya Idul Adha.

Untuk itu, sebut dia pihakanya akan menerjunkan dokter hewan dari DKPP dan juga melibatkan Persatuan Dokter Hewan Indonesa,  Fakultas Kedokteran Hewan Unair dan Universitas Wijaya Kusuma.

Menurut dia, pemeriksaan hewan kurban dilakukan langsung di lokasi tempat pedagang menjual barang dagangannya. Namun begitu tidak semua didatangi, hanya pedagang hewan kurban berskala besar. "Pedagang dengan sapi dan kambing yang jumlahnya banyak kami datangi untuk pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Selama ini, lanjut dia dalam pengawasan hewan kurban, petugas belum menemukan penyakit yang membahayakan. Adapun sebagian besar penyakit yang ditemukan saat pemeriksaan hewan kurban seperti diare, dan cacat berupa tanduk yang patah, kaki keseleo dan lainya.

Terkait apakah ada rencana pihaknya untuk menggelar bursa hewan kurban, Djoestamadji mengatakan tidak ada.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mempersilahkan pedagang hewan untuk berjualan dimana saja selama tidak mengganggu kepentingan umum dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Diketahui pedagang hewan kurban sudah mulai marak menggelar barang dagangannya dengan menempati areal kosong di sejumlah wilayah di Surabaya seperti terlihat di Rungkut, Sukolilo, Sememi dan lainnya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pabrik Petrokimia

Sabtu, 20 April 2019 - 13:05 WIB

Arab Saudi Bakal Bangun Pabrik Petrokimia Senilai Rp84,31 Triliun di Indonesia

Pemerintah Arab Saudi siap menambah investasinya di Indonesia dengan mendirikan pabrik petrokimia senilai USD6 miliar atau setara Rp84,31 triliun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto:Ridwan)

Sabtu, 20 April 2019 - 12:05 WIB

Usai Pemilu, Menperin Optimis Investasi Industri Kian Agresif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis akan terjadi peningkatan investasi dan ekspansi di sekkor industri manufaktur seusai penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…