Jelang Idul Adha, Surabaya Perlu Kurban Capai 2.000 Sapi

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Agustus 2018 - 07:15 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, memperkirakan kebutuhan hewan kurban di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur mencapai 2.000 ekor sapi dan 4.000 ekor kamping untuk Hari Raya Idul Adha 2018.

Kepala DKPP Surabaya, Joestamadji di Surabaya, Senin (6/8/2018) , mengatakan untuk mencukupi kebutuhan sapi dan kambing dipasok di antaranya  dari Kabupaten Bojonegoro, Lumajang, Trenggalek, dan Pulau Madura.

"Hewan kurban rata-rata berasal dari daerah di Jatim. Ini dikarenakan hewan kurban dari sana  masih aman dari serangan penyakit kuku atau antrhax," tambahnya.

Meski begitu, lanjut dia pihaknya tidak boleh lengah dengan terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pada  H-14 Hari Raya Idul Adha.

Untuk itu, sebut dia pihakanya akan menerjunkan dokter hewan dari DKPP dan juga melibatkan Persatuan Dokter Hewan Indonesa,  Fakultas Kedokteran Hewan Unair dan Universitas Wijaya Kusuma.

Menurut dia, pemeriksaan hewan kurban dilakukan langsung di lokasi tempat pedagang menjual barang dagangannya. Namun begitu tidak semua didatangi, hanya pedagang hewan kurban berskala besar. "Pedagang dengan sapi dan kambing yang jumlahnya banyak kami datangi untuk pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Selama ini, lanjut dia dalam pengawasan hewan kurban, petugas belum menemukan penyakit yang membahayakan. Adapun sebagian besar penyakit yang ditemukan saat pemeriksaan hewan kurban seperti diare, dan cacat berupa tanduk yang patah, kaki keseleo dan lainya.

Terkait apakah ada rencana pihaknya untuk menggelar bursa hewan kurban, Djoestamadji mengatakan tidak ada.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mempersilahkan pedagang hewan untuk berjualan dimana saja selama tidak mengganggu kepentingan umum dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Diketahui pedagang hewan kurban sudah mulai marak menggelar barang dagangannya dengan menempati areal kosong di sejumlah wilayah di Surabaya seperti terlihat di Rungkut, Sukolilo, Sememi dan lainnya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Sambut MotoGP-F1 Sirkuit Mandalika Segera Bangun Sejumlah Hotel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pengusaha properti ikut membantu membangun hotel di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

PT Adira Dinamika Multifinance Tbk ADMF (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance Kembali Digelar

Setelah sukses mengadakan Kompetisi Sahabat Lokal di tahun 2017 dan 2018, Adira Finance yang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia kembali menggelar Kompetisi Foto…

Peluncuran printer Canon Pixma Ink Efficient G Series

Rabu, 26 Juni 2019 - 08:54 WIB

Canon Luncurkan Tiga Printer Teranyar Pixma Ink G-series

Canon melalui PT.Datascrip sebagai autorized distributornya di Indonesia kembali menghadirkan tiga printer dengan tanki tinta yang bisa di isi ulang yakni generasi teranyar Pixma Ink Efficient…

Giant Supermarket

Rabu, 26 Juni 2019 - 08:37 WIB

Tutup Enam Gerai Giant, Manajemen: Persaingan Meningkat

Dalam beberapa hari terakhir dikabarkan adanya rencana penutupan 6 gerai Giant, yakni Giant Express Pondok Timur, Giant Express Cinere Mall, Giant Express Mampang, Giant Extra Jatimakmur, Giant…