Lima Tantangan Sektor Pertanian Indonesia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Agustus 2018 - 16:00 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyatakan lima persoalan pokok di bidang pertanian yang menjadi tantangan Pemerintah Indonesia lima tahun ke depan, yaitu sempitnya lahan, rendahnya akses terhadap perbankan, dan respons terhadap teknologi belum baik dan persoalan pascapanen.

"Teknologi pertanian salah satu persoalan. Kita harus bisa mengubah 'mindset' para petani untuk menggunakan teknologi modern, tidak lagi tradisional, sehingga lebih produktif dan lebih baik lagi," kata Sekretaris Jenderal HKTI Bambang Budi Waluyo dalam diskusi di Sekretariat HKTI Menteng, Jakarta, Kamis (2/8/2018)

Budi melanjutnya, persoalan lain yang dihadapi petani adalah pengelolaan pupuk dan terkait pasca panen atau pemasaran produk dari petani masih mengalami kendala.

Menurut dia, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Perum Bulog harus bisa mengontrol harga komoditas setelah panen agar tidak anjlok dan petani mendapatkan keuntungan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pakar HKTI Agus Pakpahan mengatakan kelima persoalan tersebut dapat dituntaskan bergantung pada kebijakan dan pemimpin yang memahami persoalan pertanian.

"Yang paling pokok kami melihat perlunya pemimpin yang memahami pertanian. Dengan pemahaman yang mendalam, persoalan pupuk, benih, teknologi, irigasi, pasar, yang selama ini kurang berpihak pada petani dan pertanian, bisa dicarikan solusi," kata Agus kepada awak media,

Menurut dia, kebijakan pertanian yang sukses dan berpihak pada petani, dapat mencontoh layaknya negara maju, seperti Jepang dan Korea Selatan yang kini mengalami penambahan luas lahan pertanian.

Ada pun di bawah kepemimpinan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, sebagai Ketua Umum HKTI, sejumlah pencapaian yang dilakukan antara lain menciptakan bibit unggulan M400 dan M70D dengan sertifikasi dari Menteri Pertanian.

Kemudian, HKTI mendirikan perusahaan M-Tani untuk mengembangkan bibit unggul, pupuk, teknologi pertanian dan pendampingan bagi petani; membangun pompa air raksasa di Gunung Kidul untuk mendukung pertanian kawasan; serta membentuk kelengkapan organisasi HKTI berupa organiasi otonom HKTI yaitu Koperasi HKTI Tani Makmur Sejahtera, Media Center, IT Data Center, Brigade Anti Hama, Lembaga Litbang, LBH dan Event Organizer.

Untuk mengundang generasi muda masuk, Moeldoko juga gencar melakukan sejumlah langkah-langkah out-of-the-box, termasuk HKTI Innovation Award, mengaktifkan kembali Pesta Petani Muda (Pestani), pengembangan pesawat drone untuk pertanian, pemberdayaan organisasi sayap Pemuda Tani dan perempuan Tani, serta kerjasama dengan kampus dan pesantren untuk menciptakan pemuda petani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…