Skinproof Bantu Produsen dalam Product Claim

Oleh : Wiyanto | Rabu, 01 Agustus 2018 - 17:53 WIB

Skinproof hadir di Indonesia
Skinproof hadir di Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Skinproof hadir dan resmi dioperasikan di Indonesia yang ditandai dengan Seminar Sehari New Trend & Regulation Product Claim.

Skinproof sebagai Clinical Research Organization (CRO) didirikan untuk menjawab kebutuhan pemilik produk dermatologi dalam menyediakan data-data yang akurat dan valid untuk mendukung klaim efikasi dan keamanan produk dermatology, jelas Alfons Sindupranata, Director PT. Asia Derma Lab yang menaungi Skinproof di Jakarta, ditulis Rabu (1/8/2018)

Melihat produk-produk yang ada di pasar saat ini, sebagian besar sudah mencantumkan product klaim, ada yang sifatnya klaim umum dan ada juga yang spesifik terhadap kegunaan/manfaat yang sudah dibuktikan sebelumnya, ujar Alfons Sindupranata.

Jika produsen mencantumkan klaim yang sifatnya umum maka produknya akan terlihat sama dengan produk sejenis di pasar, dibutuhkan klaim spesifik untuk suatu produk agar berbeda, konsumen membeli dan merasakan manfaatnya secara nyata, tambahnya.

Skinproof saat ini memiliki service pengujian untuk produk dermatologi sebagai berikut: Uji keamanan (Safety test) berupa Patch Test dan Hypoallergenic Test, Uji khasiat atau efikasi (Efficacy test) yang terdiri dari Skin Brightening Lightening Test, Skin Elasticity Test, Skin Texture Wrinkle Test, Skin Moisture Hydrating Test, Skin Sebum Oily Test.

Sementara layanan untuk Acnegenic and comedogenic Test adalah, Hair fall/hair loss Test dan Anti dandruff. Seminar New Trend & Regulation Product Claim ini diadakan sebagai sarana untuk Transfer Knowledge & Perspective kepada para produsen kosmetik agar bersama Skinproof, produsen dapat memiliki pemahaman yang sama tentang update dan trend yang terjadi seputar industri kosmetik, regulasi produk kosmetik dan dermatology testing itu sendiri.

Dra. Rr. Maya Gustina Andarini, Apt., M.Sc., menegaskan bahwa produk kosmetik dan klaimnya sebaiknya sesuai dengan regulasi produk kosmetika, mencantumkan klaim yang tepat dan sesuai, tidak membingungkan konsumen, melakukan penilaian mandiri terhadap klaim kosmetika yang dicantumkan dalam produk dan dapat dibuktikan kebenarannya, serta tentunya mengikuti Pedoman Klaim Kosmetika BPOM RI.

Dalam kurun waktu lima (5) tahun terakhir 2011 hingga 2016, industri Beauty & Personal Care di Indonesia terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 13,8% per tahun.

Pada tahun 2016, market beauty & personal care mencapai 4,5 USD Trilyun. (Sumber: Beauty and Personal Care in Indonesia oleh Euromonitor, May 2017) Sejalan dengan peningkatan industri Beauty & Personal Care di Indonesia serta inovasi produk kosmestik yang terus berkembang, klaim produk (Product Claim) pun cenderung berkembang pesat terutama dari segi metode yang di gunakan untuk pembuktian suatu klaim.

Sementara itu Dermatology Testing juga diprediksi akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industrinya. Klaim produk kosmetik merupakan salah satu faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih produk Kosmetik yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan berkembangnya era digital (media sosial) dan mudahnya konsumen mengakses informasi, konsumen Indonesia semakin paham dan sadar dengan label klaim pada saat membeli produk.

Untuk melakukan klaim produk ini, produsen membutuhkan rekanan yang akan membantu melakukan beberapa pengujian atas produknya yaitu, perusahaan Clinical Research Organization (CRO).

Di Indonesia sendiri, CRO yang bergerak di bidang dermatologi sampai saat ini belum banyak, selain beberapa institusi swasta, juga terdapat institusi pendidikan (universitas) khususnya yang memiliki departemen kedokteran dengan spesialisasi ilmu kulit dan kelamin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BRI

Senin, 28 Juli 2025 - 19:56 WIB

UMKM Binaan BRI Ini Buktikan Kekuatan Produk Lokal di Kancah Global

UMKM lokal Indonesia terus menunjukkan eksistensinya di pasar global. Dengan kualitas produk yang terus meningkat dan semangat inovasi yang tinggi, para pengusaha kecil menengah ini berhasil…

BRI membersihkan sungai

Senin, 28 Juli 2025 - 19:44 WIB

BRI Jaga Ekosistem Lewat Bersih-Bersih Sungai dan Kesadaran Pengelolaan Sampah

Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional yang diperingati pada 27 Juli 2025, BRI Peduli melalui Program “Jaga Sungai, Jaga Kehidupan” melaksanakan aktivasi bersih-bersih sungai dan…

Hadir dengan Nama Baru, Bank Jakarta Catatkan Kinerja Positif di Triwulan II 2025

Senin, 28 Juli 2025 - 17:20 WIB

Hadir dengan Nama Baru, Bank Jakarta Catatkan Kinerja Positif di Triwulan II 2025

Jakarta— Bank DKI, yang kini mengusung identitas baru sebagai Bank Jakarta, berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang solid hingga akhir Triwulan II 2025. Capaian ini sejalan dengan strategi…

Desain inklusif yang dihadirkan OCA lewat OCA AI diharapkan turut mendorong pemerataan peluang ekonomi

Senin, 28 Juli 2025 - 16:29 WIB

OCA AI dari Telkom Kenalkan Chatbot Builder Tanpa Coding

Omni Communication Assistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi solusi yang bisa diandalkan. Bukan sekadar menghadirkan solusi komunikasi saja, lebih dari itu OCA…

Diseksi Aorta Kompleks

Senin, 28 Juli 2025 - 16:20 WIB

Keren! Diseksi Aorta Kompleks Berhasil Ditangani oleh Heartology

Tidak semua nyeri perut berasal dari masalah pencernaan. Dalam sejumlah kasus, nyeri hebat pada perut justru bisa menjadi pertanda kondisi yang mengancam jiwa. Salah satu contoh penyakitnya…