Posco Diminta Pemerintah Segera Bangun Pabrik Baja Canai Dingin

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Februari 2017 - 13:23 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta Pemerintah mendorong investor asal Korea Selatan, Posco segera merealisasikan rencana investasi pembangunan pabrik baja canai dingin di Indonesia.

"Kami meminta Posco mempercepat realisasi rencana pengembangan industri baja 10 juta ton di Cilegon bersama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan kepada awak media di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Pengembangan pabrik CRC adalah bagian dari rencana pengembangan klaster industri baja 10 juta ton di Cilegon sebagai kelanjutan dari kerja sama patungan Krakatau Steel dan Posco. Kedua perusahaan ini menginvestasikan US$3 miliar untuk mendirikan pabrik peleburan baja PT Krakatau Posco dengan kapasitas 3 juta ton.

Ambisi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman antara Posco dan Krakatau Steel yang dilaporkan Posco ke Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungannya ke Korea Selatan.

Kapasitas produksi 10 juta ton terbagi dalam tiga fasilitas produksi, yaitu produksi dua pabrik HSM berkapasitas 4,5 juta ton dan 4 juta ton serta pabrik pelat baja berkapasitas 1,5 juta ton.

Bahan baku produksi tiga pabrik di atas akan dipasok dari pabrik peleburan bijih besi Krakatau Steel yang berkapasitas 3 juta ton dan pabrik Krakatau Posco yang kapasitasnya rencananya ditingkatkan menjadi 6 juta ton, dan sebuah pabrik slab berkapasitas 1 juta ton.

MoU Posco dan Krakatau Steel juga mencantumkan rencana pengembangan tiga pabrik baja canai dingin yang masing-masing berkapasitas 1,3 juta ton, 1,2 juta ton, dan 1,5 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…