Tanaman Tembakau Tertanam Bojonegoro 8.710,5 Hektar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 13:33 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro - Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan luas areal tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO), Jawa, dan Virginia RAM yang tertanam di sejumlah sentra penghasil tembakau mencapai 8.710,5 hektare per 21 Juli.

"Luas tanaman tembakau masih bertambah sebab masih ada data tanaman tembakau di Kecamatan Malo dan Kalitidu yang belum masuk, tapi tidak terlalu luas," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi di Bojonegoro, Senin (23/8/2019)

Berdasarkan pendataan, lanjut dia, tanaman tembakau seluas 8.710.5 hektare, rinciannya untuk Virginia VO seluas 5.062 hektare, antara lain, di Kecamatan Sukosewu, Baureno, dan Kedungadem, dengan tanaman tembakau lebih masing-masing kecamatan lebih dari 1.000 hektare.

"Tanaman tembakau Virginia VO juga ada di sejumlah kecamatan lainnya," ujarnya.

Untuk jenis tembakau Jawa luasnya 2.694 hektare, dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Kedungadem, Temayang, Sugihwaras, Purwosari dan Ngasem.

Tembakau Virginia RAM seluas 984,5 hektare dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Ngraho, Kasiman, Kedungadem, dan Sugihwaras.

Selain itu, menurut dia, di sejumlah kecamatan petani juga ada yang baru mulai menanam tembakau. Hanya saja tanaman tembakau yang ditanam pada Juli tidak termasuk tanaman tembakau yang masuk rekomendasi.

"Masa tanam tembakau yang sesuai rekomendasi merupakan tanaman tembakau yang ditanam Mei-Juni," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku sebelumnya memproyeksikan luas tanaman tembakau sekitar 9.000 hektare dengan mengacu kebutuhan pabrikan yang akan melakukan pembelian tembakau pada musim tanam tahun ini.

"Dengan luas tanaman tembakau yang tertanam sekarang ini mencukupi untuk mencukupi kebutuhan pabrikan, juga pengusaha tembakau," ucapnya.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton.

"Sepanjang cuaca mendukung kami optimistis tanaman tembakau tertanam tahun ini akan terbeli pabrikan, juga pengusaha tembakau dengan harga yang memadai," kata dia menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agung Podomoro Land (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:02 WIB

Pendapatan Usaha APLN Melesat Hingga 159,4 Persen di Kuartal I-2022

Berdasarkan hasil keuangan yang tidak diaudit untuk periode yang berakhir pada 31 Maret 2022, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membukukan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp1,26 triliun…

Coca Cola Save the Children Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:00 WIB

Melalui Stop the Spread The Coca-Cola Foundation Berikan Dana untuk Dukung Program Vaksin COVID-19 Bagi Masyarakat Indonesia

The Coca-Cola Foundation (TCCF), lembaga filantropi internasional The Coca-Cola Company, telah memberikan pendanaan sebesar Rp. 7,9 miliar kepada Yayasan Benih Baik dan Save the Children Indonesia…

Dirjen ILMATE Kemenperin Taufiek Bawazier

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:53 WIB

Kemenperin Dorong Pabrikan Kendaraan Emisi Rendah Karbon Ikut Program LCEV untuk Dapat Manfaat Insentif PPnBM

Isu perubahan iklim, pertumbuhan kelas menengah yang terus meningkat, bonus demografi, penetrasi teknologi digital, serta peningkatan tren penggunaan energi baru dan terbarukan telah menjadi…

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:37 WIB

Toyota xEV Center Diresmikan, Kemenperin Optimis Industri Otomotif Tanah Air Akan Jadi Pemain Penting Gobal Supply Chain

Pemerintah terus berupaya mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu sampai hilir. Langkah strategis ini bertujuan agar Indonesia menjadi negara yang mampu…

Rapat Kerja Banggar DPR dan Kemenkeu, Kamis (19/05/2022). (Foto: Humas Kemenkeu)

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:21 WIB

Banggar DPR Setujui Penyesuaian Subsidi dan Kompensasi Sektor Energi

Jakarta-Dalam merespons kenaikan harga komoditas, pemerintah konsisten menjaga pemulihan ekonomi dan melindungi daya beli masyarakat dengan menjaga APBN tetap sehat dan berkelanjutan atau sustainable.…