Tanaman Tembakau Tertanam Bojonegoro 8.710,5 Hektar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 13:33 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro - Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan luas areal tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO), Jawa, dan Virginia RAM yang tertanam di sejumlah sentra penghasil tembakau mencapai 8.710,5 hektare per 21 Juli.

"Luas tanaman tembakau masih bertambah sebab masih ada data tanaman tembakau di Kecamatan Malo dan Kalitidu yang belum masuk, tapi tidak terlalu luas," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi di Bojonegoro, Senin (23/8/2019)

Berdasarkan pendataan, lanjut dia, tanaman tembakau seluas 8.710.5 hektare, rinciannya untuk Virginia VO seluas 5.062 hektare, antara lain, di Kecamatan Sukosewu, Baureno, dan Kedungadem, dengan tanaman tembakau lebih masing-masing kecamatan lebih dari 1.000 hektare.

"Tanaman tembakau Virginia VO juga ada di sejumlah kecamatan lainnya," ujarnya.

Untuk jenis tembakau Jawa luasnya 2.694 hektare, dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Kedungadem, Temayang, Sugihwaras, Purwosari dan Ngasem.

Tembakau Virginia RAM seluas 984,5 hektare dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Ngraho, Kasiman, Kedungadem, dan Sugihwaras.

Selain itu, menurut dia, di sejumlah kecamatan petani juga ada yang baru mulai menanam tembakau. Hanya saja tanaman tembakau yang ditanam pada Juli tidak termasuk tanaman tembakau yang masuk rekomendasi.

"Masa tanam tembakau yang sesuai rekomendasi merupakan tanaman tembakau yang ditanam Mei-Juni," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku sebelumnya memproyeksikan luas tanaman tembakau sekitar 9.000 hektare dengan mengacu kebutuhan pabrikan yang akan melakukan pembelian tembakau pada musim tanam tahun ini.

"Dengan luas tanaman tembakau yang tertanam sekarang ini mencukupi untuk mencukupi kebutuhan pabrikan, juga pengusaha tembakau," ucapnya.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton.

"Sepanjang cuaca mendukung kami optimistis tanaman tembakau tertanam tahun ini akan terbeli pabrikan, juga pengusaha tembakau dengan harga yang memadai," kata dia menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:00 WIB

RI-ASEAN Bersatu Hadapi Perang Dagang AS-Tiongkok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, di Bangkok, Thailand, 22—23 Juni mendatang, akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi…