Dirjen EBTKE: Panas Bumi Jadi Andalan Untuk Penuhi Target Kebijakan Energi Nasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 Juli 2018 - 16:15 WIB

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana pada acara Coffee Morning di Gedung EBTKE Jakarta, Jumat (20/7/208), menyampaikan bahwa panas bumi menjadi andalan dalam memenuhi target Kebijakan Energi Nasional (KEN).

"Sampai tahun ini, geothermal menempati urutan pertama. Sumber daya modalnya sudah ada, Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni, regulasi makin lengkap, penerimaan masyarakat semakin bagus, koordinasi juga makin kuat. Sepertinya geothermal punya peluang (sebagai andalan)," jelas Rida.

Keyakinan Rida juga didasari atas penambahan kapasitas dari pengoperasian atau Commercial Operation Date (COD) PLTP Lumut Balai 55 MW di Provinsi Sumatera Selatan, dan PLTP Sorik Marapi 40 MW di Provinsi Sumatera Utara. Pemerintah sendiri menargetkan pengembangan panas bumi pada tahun 2025 mencapai 7.241,5 MW. "Saat ini sumber EBT yang baru dimanfaatkan adalah sebesar 1.948,5 MW," ungkap Rida.

Ia menambahkan, hingga saat ini, panas bumi telah menjadi penyumbang terbesar dalam bauran energi EBT. Terlebih, saat ini masyarakat makin terbuka atas kegiatan pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi primer mereka.

Guna mewujudkan capaian tersebut, Rida berharap dukungan serta kerja sama yang kuat dengan para stakerholder terkait. "(Stakeholder) adalah pemicu dan pemacu dalam mencapai target, melengkapi regulasi yang mendukung hal tersebut," jelasnya.

Sebagai gambaran, kapasitas terpasang panas bumi terus mengalami peningkatan sejak tahun 2014. Dari yang hanya sebesar 1.403,5 MW (2014) terus menunjukkan tren positif menjadi 1.438 MW (2015), 1.643,5 MW (2016) hingga 1.808,5 MW (2017).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menpeein Agus Gumiwang, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri PUPR, Menkeu Sri Mulyani saat Konfrensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:49 WIB

Agus Gumiwang Unggah Potret Bareng Airlangga, Basuki dan Sri Mulyani, Netizen: Sukses Pak....

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mencuri perhatian masyarakat usai mengunggah sebuah potret "langka" bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR,…

Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:18 WIB

Cinta Buatan Indonesia, Erick Thohir: Selalu Menempel! Mulai dari Batik, Makanan Sampai Sneakers...

Menteri BUMN Erick Thohir menuai banjir komentar dari masyarakat usai mengunggah sebuah lagu berjudul "Aku Cinta Buatan Indonesia" yang diciptakan oleh musisi legendaris Indonesia, Bimbo. Menurut…

Menkeu Sri Mulyani

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. "Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?,"…

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan…

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.