Jelang Asian Games, APP Sinar Mas Kerahkan Bantuan Intensif Cegah Karhutla di Sumsel

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 17:32 WIB

Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko Widodo, yaitu no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan padamusim kemarau tahun ini.

“APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap. Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,” ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka melalui keterangan pers kepada INDUSTRY.co.id yang diterima, Kamis (19/7/2018).

Ia engatakan, pihaknya telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas.

"Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi. 

Keduastrategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB, Direktur Mandiri Syariah Kusman Yandi serahkan bantuan APD. 

Rabu, 08 April 2020 - 15:11 WIB

Mandiri Syariah Serahkan APD dan Masker kepada RS Rujukan Covid-19

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyerahkan bantuan senilai Rp3,05 miliar berupa 2.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 100 ribu masker kepada 105 Rumah Sakit rujukan Covid-19 di seluruh…

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio

Rabu, 08 April 2020 - 15:10 WIB

Jurus Jitu Kemenparekraf Atasi Dampak Covid-19 bagi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan

Rabu, 08 April 2020 - 15:00 WIB

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan Jakarta – Bangkok

Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini penerbangan yang beroperasi melayani misi kemanusiaan dan evakuasi (evacuation and humanitarian assistance)…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 08 April 2020 - 14:00 WIB

KPM PKH Terima Bansos Tiap Bulan Lindungi Diri dari Covid-19

Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi setiap bulan, dari yang sebelumnya empat kali dalam setahun, untuk mengantisipasi dampak…

Xiaomi Store

Rabu, 08 April 2020 - 13:30 WIB

Xiaomi Luncurkan Solusi Belanja dan Perbaikan dari Rumah

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) memperkenalkan dua layanan konsumen terbaru Mi Shop from Home dan Mi Service from Home.