Jelang Asian Games, APP Sinar Mas Kerahkan Bantuan Intensif Cegah Karhutla di Sumsel

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 17:32 WIB

Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko Widodo, yaitu no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan padamusim kemarau tahun ini.

“APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap. Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,” ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka melalui keterangan pers kepada INDUSTRY.co.id yang diterima, Kamis (19/7/2018).

Ia engatakan, pihaknya telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas.

"Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi. 

Keduastrategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…