Eiger Adakan Kursus Dasar Gunung dan Hutan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 16 Juli 2018 - 10:14 WIB

Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan MJC (Foto Dok Industry.co.id)
Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan MJC (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Bandung- Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan Mountain and Jungle Cours (MJC) atau kursus dasar gunung dan hutan. Acara ini berlangsung di kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut, pada tanggal 15-22 Juli 2018.

Materi yang akan disampaikan kepada peserta meliputi Etika di Alam Bebas, Perencanaan Perjalanan, Perlengkapan dan Perbekalan, Navigasi Medan, Teknik dan Praktek Survival, hingga Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anggota organisasi Pecinta Alam atau organisasi umum lainnya, instansi pemerintah, umum dan perorangan. Pendaftaran

sudah dibuka secara nasional sejak 26-30 Juni 2018. Setelah itu, para pendaftar diseleksi secara internal berdasarkan kriteria yang memenuhi persyaratan, seperti usia, gender, sebaran domisili dan lainnya hingga pihak EIGER mengumumkan daftar peserta yang lolos seleksi pada 4 Juli 2018 sebanyak 75 orang.

 “Kami berharap dengan rutinnya penyelenggaraan MJC tiap tahun para pecinta kegiatan petualangan alam bebas makin sadar pentingnya kelengkapan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dan juga kami berharap para peserta juga dapat menerapkan keterampilan khusus, kecerdasan, serta data juang tinggi untuk menghadapi kegiatan petualangan yang memiliki resiko tinggi apabila tidak dipersiapkan dengan baik,” tegas Galih Donikara, Koordinator EAST, sekaligus Penanggung Jawab Kegiatan MJC 2018.

Karena dalam kegiatan ini para peserta akan berhadapan langsung alam bebas dengan segala tantangan dan resikonya,  maka lokasipun menjadi hal penting. Dalam pelaksanaannya, MJC terus berpindah lokasi setiap tahunnya mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

 Dua tahun terakhir, MJC mengambil lokasi di Gunung Arjuno, Jawa Timur (2016) dan Gunung Moreno, Sulawesi Selatan (2017). Kali ini, MJC kembali ke tanah pasundan. “Kawasan Taman Buru Masigit Gunung Kareumbi sangat memenuhi syarat sebagai arena pelatihan gunung hutan, karena mempunyai semua kelengkapan alam yang menarik dan menantang,” ujar Galih.

“Intinya, acara ini bukan untuk gaya-gayaan, adu kekuatan, tapi belajar bagaimana cara bermain yang baik di alam bebas. Karena yang jauh lebih penting dari semua ini adalah pulang ke rumah dengan selamat,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…