Kratingdaeng Hadirkan Kompetisi eSport Paling Bergengsi di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juli 2018 - 16:22 WIB

Kratingdaeng Hadirkan Kompetisi eSport Paling Bergengsi di Indonesia
Kratingdaeng Hadirkan Kompetisi eSport Paling Bergengsi di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pertumbuhan eSport sangat fenomonal menjadi salah satu olahraga yang paling tinggi pertumbuhannya dibanding olahraga lainnya. Hal inilah yang menginspirasi PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical menggelar ajang Kratingdaeng Indonesia eSport Championship 2018.

Kratingdaeng Indonesia eSport Championship (Kratingdaeng IEC 2018) hadir dan ditargetkan menjadi sebuah kompetisi eSport terbesar di Indonesia dengan jumlah peserta 20.000 orang yang tersebar di kota kota di Indonesia dan memperlombakan beberapa jenis games. 

Di ajang ini, kompetisi akan dibagi dalam dua babak, yaitu babak pertama qualifier (online dan offline) khusus untuk permainan Mobile Legends dan PUBG. Babak kedua yaitu grand finale akan diadakan pada tanggal 8-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. 

Total hadiah yang akan diperebutkan pada IEC ini mencapai lebih dari 1 Milyar rupiah. Jenis permainan yang akan diusung di Kratingdaeng IEC 2018 ini akan dibagi lagi berdasarkan games platform, yaitu; konsol, PC dan Mobile. 2 permainan utama yang dipertandingkan di dalam eSport adalah Mobile Legends dan PUBG. 

Dalam kesempatan ini, Kratingdaeng IEC 2018 pun mengikutsertakan beberapa tim professional Indonesia yang sudah terbukti keahliannya untuk turut serta bertanding. Di ajang ini Kratingdaeng juga akan menjadi yang pertama dalam menghadirkan pertandingan eksibisi untuk permainan Fortnite yang saat ini sangat popular di dunia dan mulai merambah Indonesia. 

Selain itu, untuk bridging menuju International competition, tahun ini akan ada international exhibition match antara team gamer versus best gamer luar negeri. Perwakilan Indonesia tentunya dipilih dari best player yang menjadi juara dikompetisi Kratingdaeng IEC 2018 ini. Match ini sendiri akan menjadi puncak acara yang paling ditunggu oleh pemain maupun para penonton Kratingdaeng IEC 2018.

Sonny Listhon, General Manager Redstone selaku EO penyelenggara Kratingdaeng IEC 2018 mengatakan, Kratingdaeng IEC 2018 memiliki target partisipan yang cukup besar, sekitar 20.000 peserta akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. 

Pendaftaran kompetisi PUBG maupun Mobile Legends akan dimulai sejak berlangsungnya Game Conference yang bertempat di Ballroom Kuningan City, lantai 7, Jakarta Selatan pada tanggal 11 Juli 2018, dan pendaftaran bisa dilakukan secara online. 

"Untuk kualifikasi PUBG sendiri akan dimulai pada bulan Juli minggu ke 3 dan diperkirakan akan ada lebih dari 3.000 orang peserta," katanya melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (12/7/2018).

Sementaraasi Mobile Legends akan dimulai pada bulan Agustus diperkirakan akan ada 1.200 tim Mobile Legends dari 4 region di seluruh Indonesia, yaitu region Sumatra, Jawa Nusabali, Sulawesi-Papua dan Kalimantan. Sedangkan untuk babak grand final, sekitar 128 tim Mobile Legends akan bertanding di BSD dan akan ada 20 tim PUBG yang akan dipertandingkan secara bersamaan. 

"Selain 2 main games tersebut akan ada pertandingan mini games lainnya yang akan dipertandingkan di Kratingdaeng IEC 2018 dengan melibatkan beberapa komunitas, seperti cosplay, tamiya, hotwheels, hado dan lainnya.”
 tambahnya.

Selain menggelar event ini Kratingdaeng kedepannya juga akan membangun tim gamer profesional yang tidak hanya bisa bertanding di level nasional tapi juga akan dikirim berlaga di event Internasional.

Untuk menyelenggarakan acara sebesar ini tentunya pihak Kratingdaeng butuh dukungan dari berbagai pihak. RedStone yang dipercaya Kratingdaeng sebagai pihak penyelenggara juga bekerjasama dengan berbagai publisher seperti Moonton, Blue Hole, PUBG Corp. 

Redstone juga menggandeng sponsor dan komunitas pendukung seperti Orang Tua Grup, Baterai ABC Alkaline, Tanggo, Mintz, Adem Sejuk, Crystaline, Optik Seis, Telkomsel, Telkom Indonesia, Indihome, UniPin, Digitalife, Digital Allianz, DA Arena, Arena Gaming, LG Gaming Monitor, MET, Sades, APTIKNAS, Funpax, GCR, PES2018, Megaxus, Digital True Plus, Vain Glory, ROS, Shinoby legend dan lain-lain.

Dengan dukungan dari banyak stakeholder eSport, ditargetkan tahun depan event ini bisa dijadikan event destination yang didukung oleh departemen pariwisata Indonesia untuk menjadi International event karena berpotensi mengundang player dan penonton dari dalam dan luar negeri.

Kratingdaeng IEC 2018 juga turut dimeriahkan oleh artis-artis ternama yang digemari para gamers seperti Weird Jenius dan JKT48. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya booth exhibition yang menjual barang yang berkaitan dengan hobi dan games, fashion apparel, serta techology. Turut bekerjasama juga dengan komunitas food truck Jakarta. 

Setiap pengunjung akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan door prize menarik satu buah motor sport custom dan meet n greet dengan caster Idola dari luar negeri, cosplayer dalam dan luar negeri serta Gamer Idols.

Harga tiket Kratingdaeng IEC 2018 dibagi menjadi 2, pre-sale dan harga normal (untuk VIP dan regular). Pre-sale akan mulai di jual pada H-2 bulan grand final, dengan harga Rp 125,000 (untuk tiket regular) dan Rp 175,000 (untuk harga tiket VIP). Sedangkan untuk harga normal, tiket regular akan dikenakan biaya Rp 200,000 dan untuk VIP Rp 250,000. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.