Lewat PUPS, Mahkota Group Raih Modal Tambahan Rp158,33 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 12 Juli 2018 - 09:50 WIB

PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)
PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mahkota Group Tbk (MGRO), emiten yang berbisnis di sektor industri kelapa sawit dan berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, mencatatkan dan memperdagangkan saham untuk pertama kalinya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (12/07/2018).

Sebelumnya, perseroan menawarkan 703,688 juta unit saham baru kepada publik seharga Rp225 per unit melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS) pada 3-9 Juli 2018.

Total saham yang ditawarkan kepada investor publik tersebut mencapai 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUPS. Dalam PUPS itu, pemesanan saham perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak dua kali dari total saham yang ditawarkan.

“Melalui PUPS itu, perseroan meraih dana Rp158,33 miliar. Sekitar 60% dari total dana hasil PUPS itu akan digunakan untuk membiayai pengembangan industri hilir perseroan dan sisanya sebesar 40% untuk modal kerja anak usaha, yaitu PT Mutiara Unggul Lestari (MUL), PT Berlian Inti Mekar (BIM) dan PT Intan Sejati Andalan (ISA),” papar Usli Sarsi, Direktur Utama MGRO, di Gedung BEI Jakarta, Kamis (12/07/2018).

Usli menjelaskan, pengembangan industri hilir perseroan dilakukan melalui investasi ke kedua anak usaha perseroan, yakni MUL dan ISA. Oleh kedua anak usaha tersebut, dana investasi itu akan digunakan untuk membangun pabrik refinery dan kernel crushing plant di Dumai, tepatnya di Desa Bathin Sobanga, Kabupaten Bengkalis, provinsi Riau.

Pada pelaksanaan PUPS ini, manajemen perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin emisi efek (underwriter).

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Direksi perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS
Komisari Utama                  : Mily
Komisaris                               : Lily
Komisaris Independen            : Harry Kurniawan

DIREKSI
Direktur Utama                  : Usli Sarsi
Direktur                                : Fuad Halimoenr
Direktur                                : Usman Sarsi
Direktur Independen                     : Nagian Tono

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…