Pabrik Baja MJIS Belum Dipastikan Kembali Beroperasi

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 09 Juli 2018 - 12:33 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Batulicin- Perusahaan bahan baku baja, PT Meratus Jaya Iron dan Steel (MJIS) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, hingga kini belum dapat memastikan kapan kembali beroprasi.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bidang Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Bumbu, Sayid Ismail Kholil A di Batulicin, Minggu (8/7/2018) mengatakan perusahaan tersebut sudah hampir tiga tahun tidak beroperasi, bahkan hingga saat ini pihak manajemen perusahaan juga belum menjelaskan kapan bisa mulai beroperasi.

"Kami juga sempat datang ke perusahaan bersama beberapa tokoh masyarakat untuk menanyakan apa masalah perusahaan tersebut hingga tidak beroperasi yang menyebabkan banyak karyawan dari masyarakat lokal diberhentikan," katanya.

Dia menambahkan, perusahaan menyatakan sampai saat ini belum ada kepastian kapan akan beroperasi kembali, namun pemerintah daerah melalui legislatif akan terus mendesak agar mendapat kejelasan yang pasti agar karyawan yang sempat bekerja di perusahaan tersebut dapat bekerja kembali.

Keberadaan perusahaan tersebut sudah hampir enam tahun, akan tetapi hanya beroperasi berproduksi kurang lebih tiga tahun terhitung 2012-2015.

"Kami sebagai wakil rakyat sangat menyayangkan keberadaan perusahaan tersebut yang sudah lama tidak beroperasi, sehingga keberadaannya terkesan mangkrak," katanya.

Tidak beroperasinya perusahaan tersebut berdampak kepada masyarakat lokal yang dulunya sempat menjadi karyawan PT. MJIS, namun saat ini terpaksa menganggur karena putus kontrak sebagai karyawan.

Seharusnya PT MJIS bisa menjadi industri utama yang berada di Kawasan Ekonomi Terpadu (Kapet) sehingga keberadaannya sangat berperan penting sebagai acuan para investor agar ikut andil untuk mendirikan perusahaan.

Dulu pemerintah daerah sangat membanggakan keberadaan perusahaan baja, pasalnya dengan beroperasinya perusahaan tersebut bisa meningkatkan ekonomi daerah dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, namun sudah hampir tiga tahun tidak beroperasi.

"Kami berharap ini menjadi tanggapan yang serius oleh pihak manajemen atas keberadaan PT MJIS, jangan sampai menjadi sorotan negatif oleh perusahaan perusahaan lain," pintanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…