Kerjasama Pemanfaatan Inovasi Iptek Pertanian untuk Sumberdaya Manusia Indonesia yang Berdaya Saing

Oleh : Wiyanto | Rabu, 04 Juli 2018 - 16:19 WIB

Balitbangtan kerjasama dengan LIPI, BATAN dan Perguruan Tinggi
Balitbangtan kerjasama dengan LIPI, BATAN dan Perguruan Tinggi

INDUSTRY co.idJakarta - Jejaring adalah hal yang terus diperkuat oleh Kementan. Menyadari potensi-potensi yang ada di lembaga lain cukup besar, Kementan melalui Balitbangtan membuka diri untuk melakukan kerjasama yang bisa memberikan manfaat lebih bagi bangsa.

Terbaru, Balitbangtan bergandengan dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan tenaga Atom Nasional (BATAN) dan dua universitas yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya untuk melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama penelitian, pengembangan dan pemanfaatan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian.
Kesepakatan itu ditandatangani Selasa (3/7/2018) pada saat pembukaan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Hotel Bidakara, Jakarta.

WNPG sendiri merupakan forum multistakeholder antara akademisi, pemerintah, industri dan masyarakat untuk memberi rekomendasi arah perubahan kebijakan pangan dan gizi di Indonesia.

Dalam acara yang merupakan kerjasama LIPI dengan beberapa Kementerian dan Lembaga, termasuk Kementerian Pertanian ini fokus membahas mengenai percepatan penurunan dan pencegahan stunting untuk sumberdaya manusia Indonesia yang berdaya saing.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan bahwa pertanyaan pokok yang ingin dijawab dalam WNPG XI ini adalah bagaimana upaya untuk mempercepat efektivitas kebijakan, program dan strategi penurunan dan pencegahan stunting di Indonesia. “Tujuan penyelenggaraan WNPG XI untuk merumuskan strategi percepatan efektivitas kebijakan serta program pangan dan gizi terkait prevalensi stunting secara lintas pemangku kepentingan untuk lima tahun kedepan” tambah Kepala LIPI.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan , kasus malnutrisi seperti gizi buruk dan stunting masih menjadi persoalan di Indonesia. “Persoalan stunting pada anak akan berdampak pada kualitas sumberdaya manusia Indonesia kedepan, untuk itu penurunan stunting harus menjadi prioritas dalam upaya mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan berdaya saing” jelas Menko PMK.

Terkait dengan riset pangan dan gizi kedepan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengharapkan WNPG XI ini dapat menjadi arah dalam pengembangan riset pangan dan gizi agar hasil penelitian bisa berdampak langsung pada perbaikan kualitas sumberdaya manusia. “Secara spesifik, mampu berkontribusi pada pengurangan dan pencegahan stunting” tutup Menristekdikti.

Selain Menko PMK dan Menristekdikti, pada pembukaan WNPG XI juga hadir Menteri PPN/Kepala Bappenas dan secara khusus ada pengarahan dari Wakil Presiden M. Jusuf Kalla yang merupakan penanggung jawab program nasional prevalensi stunting.

 
 
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

“Mengenal Lebih Dalam tentang Polistirena Busa untuk Kebaikan Manusia dan Lingkungan” di Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:01 WIB

Ini Fakta Benar Soal Penggunaan Styrofoam bagi Manusia dan Lingkungan

Tahukah Anda penggunaan styrofoam yang digunakan dalam mengemas makanan dan minuman yang selama ini diisukan tidak aman dan tidak sehat tidak terbukti sama sekali. Bahkan styrofoam yang beredar…

Adil Mubarak Vice President Operations RedDoorz (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:00 WIB

SDM Berkualitas, Kunci Utama Suksesnya Industri Pariwisata Nasional

Sebagai salah satu pelaku bisnis dalam dunia pariwisata Indonesia, RedDoorz turut berpartisipasi dalam pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia dengan mengadakan pelatihan Quality Training…

Forum Silaturahmi Dai Muda Jakarta

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:35 WIB

Forum Silaturahim Dai Muda Jakarta Tolak Halal Bihalal di MK

Jakarta - Menyikapi rencana sejumlah ormas yang rencananya akan menggelar kegiatan zikir, doa bersama, sholawat dan halal bi halal pada tanggal 26-28 Juni 2019 di pelataran GedungMahkamahKonstitusi(MK),ForumSilaturahmjDa’iMudaJakarta(FSDMJ)menggelar…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:00 WIB

Ketua DPR Harap Makin Banyak Perusahaan Melantai di Bursa Saham

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seiring kondusifnya suhu politik disertai dengan peningkatan iklim investasi dan bisnis di Indonesia, semakin banyak pula perusahan yang memperdagangkan…

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Kamis, 27 Juni 2019 - 03:11 WIB

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Antoni AT. Koordinator Masyarakat Adat Bakung Udik Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung melaporkan permasalahan sengketa lahan yang terjadi didaerah tersebut ke KSP…