Pemerintah Komitmen Jaga Ketersediaan Pangan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 01 Februari 2017 - 18:45 WIB

Menko Darmin Nasution (Setkab)
Menko Darmin Nasution (Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah memiliki komitmen untuk menjaga ketersedian dan gejolak harga pangan di 2017, terutama untuk komoditas beras dan gula.

"Negara harus mengambil peran dalam menjaga stabilitas harga," kata Darmin dalam rapat koordinasi di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu. (1/2/2017)

Seperti dilansir Antara, rapat koordinasi dihadiri oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

Terkait beras, pemerintah akan berupaya memperbaiki irigasi yang rusak dan membangun embung-embung di desa-desa. Embung-embung dan irigasi tersebut diharapkan mampu mengairi lahan seluas sekitar 100 s.d. 200 hektare.

"Persoalan kita saat ini adalah irigasi. Kami perlu membangun kantong-kantong air kecil atau embung sebanyak mungkin di desa-desa. Bendungan besar dengan biaya yang mahal dampaknya akan sangat lama untuk sampai ke hasil panen," kata Darmin.

Pemerintah akan berusaha membangun lumbung-lumbung desa dan memperbanyak pengadaan pengering padi atau gabah sehingga hasil panen dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk menjaga stok pangan nasional.

Kemudian, terkait dengan komoditas gula, Perum Bulog pada Januari 2017 telah merealisasikan pembelian gula dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV sebanyak 26.500 ton dan penjualan sebesar 20.983 ton.

Saat ini stok yang dimiliki Bulog per akhir Januari 2017 menjadi sebesar 264.623 ton.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan gula konsumsi sampai dengan Juli 2017, Perum Bulog berencana menambah persediaan hingga menjadi sebesar 653.261 ton.

Ke depannya, sinergi lintas kementerian ini akan dilakukan secara berkala untuk memantau ketersediaan stok dan memonitor harga komoditas yang rentan mengalami kenaikan harga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…