Industri Sawit Bisa Ambil Keuntungan dari Perang Dagang AS-China

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 17 Juni 2018 - 06:40 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Sebab Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan mendongkrak daya saing lokal. Salah satunya ialah melalui komoditas Kelapa Sawit.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan pengusaha Indonesia dari perang dagang tersebut. Celah tersebut melalui komoditas minyak sawit mentah. Hal itu dikarenakan, China saat ini merupakan salah satu negara yang memiliki kebutuhan besar terhadap minyak nabati Amerika.

“Perang dagang tersebut akan mengubah kebijakan China terhadap impor minyak nabati Amerika,” ujarnya

Mereka akan mencari negara lain yang bisa memenuhi kebutuhan minyak nabati Negeri Tirai Bambu tersebut. Upaya China tersebut salah satunya tercermin dari peningkatan impor CPO sebanyak 500 ribu ton yang mereka sepakati saat Perdana Menteri Li Keqiang bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi memberlakukan tarif baru yang berat atas produk impor dari China senilai US$ 50 miliar, Jumat (15/6/2018). Di bagian pertama, tarif 25% dikenakan pada 818 produk China senilai US$ 34 miliar mulai 6 Juli mendatang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ekspor Mangga di Denpasar, Bali

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:24 WIB

Kementan Ekspor Perdana Mangga Bali ke Singapore

Denpasar - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Denpasar, hari ini Minggu (21/7) melepas ekspor perdana mangga dengan varian harum manis sebanyak 1,2 ton senilai Rp. 60 juta ke…

Sutradara Livi Zheng (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:00 WIB

Sutradara Livi Zheng Sedih

Ternyata musik dari gamelan Bali sudah banyak dimanfaatkan untuk menghiasi film produksi Hollywood. Salah satunya Avatar, namun banyak penonton film di mancanegara tidak tahu kalau musik gamelan…

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.