Kurma dan Mudik Naik Mobil, Jadi Tren Ramadan Paling Diperbincangkan di Media Sosial

Oleh : Dina Astria | Minggu, 10 Juni 2018 - 17:30 WIB

Kurma (Foto : iStock)
Kurma (Foto : iStock)

INDUSTRY.co.id - Pemantauan sosial media yang dilakukan oleh perusahaan intellijen media, Isentia, menunjukan bahwa mobil merupakan moda transportasi yang paling banyak diperbincangkan netizen untuk perjalanan mudik lebaran. Sementara kurma merupakan makanan yang paling populer sebagai menu berbuka puasa. 

Sebanyak 37 persen dari 91.614 percakapan di berbagai media sosial memperbincangkan mobil sebagai moda transportasi mudik. Preferensi ini disusul oleh perbincangan mudik menggunakan kereta 19 persen, motor 17 persen, bus 11 persen, lalu kapal laut dan pesawat terbang masing-masing sebesar 8 dan 7 persen.

Menurut Rendy Ezra, Insight Manager Isentia, tren topik mudik menggunakan mobil salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya program mudik gratis menggunakan mobil atau pun tawaran lainnya, seperti program bensin gratis, servis mobil gratis selama Ramadan, juga promo diskon mobil selama bulan puasa.

Sementara itu, sebanyak 41 persen pengguna sosial media memilih kurma sebagai makanan untuk berbuka puasa. Gorengan menjadi favorit netizen berikutnya, yaitu sebanyak 37 persen, diikuti oleh preferensi berbuka puasa dengan kolak 17 persen dan lontong 5 persen.
Kedua tren tersebut muncul berdasarkan hasil monitoring Isentia terhadap berbagai kanal 
media sosial dari rentang periode 1 Januari hingga 16 Mei 2018.

Twitter masih merupakan kanal media sosial yang paling banyak dipergunakan, yakni sebesar 68,5 persen, diikuti penggunaan berbagai forum 18,7 persen, serta Facebook dan Twitter yakni sebesar 7,2 persen dan 5,4 persen.

"Temuan ini bisa dijadikan sebagai acuan, khususnya bagi company untuk melakukan sebuah acara atau tema kegiatan mereka di bulan Ramadhan. Sebagai contoh, ada perusahaan yang membagikan 3 ton kurma selama bulan Ramadan ini kepada masyarakat sebagai bagian dari aksi korporasinya, ada pula yang membagikan takjil dan buah kurma untuk berbuka puasa, dan sebagainya,” kata Rendy Ezra, Insight Manager Isentia di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…