Pemilihan Putera Puteri Maritim 2018 Ajang Pencarian Pemuda/i Cinta Laut

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 09 Juni 2018 - 08:32 WIB

Duta Maritim serta Putra Putri Maritim tahun 2017 (foto: Amazon)
Duta Maritim serta Putra Putri Maritim tahun 2017 (foto: Amazon)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA -  Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, maka sektor ke maritiman perlu mendapat perhatian serius dari semua kalangan. Untuk itulah ajang pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) tahun 2018 kembali digelar setelah sebelumnya dilangsungkan pada 2016 dan 2017.

Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanudin mengatakan kegiatan itu digelar untuk memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Indonesia terlibat langsung dalam mengenalkan dan memberikan jiwa kemaritiman."Mereka adalah duta-duta  yang nanti menjadi juru bicara kita kepada publik. Jadi, pesan utamanya adalah agar mereka juga dapat menjelaskan mengenai kemaritiman kepada publik," katanya di gedung Menko Kemaritiman, Jumat (8/6).

Sementara itu pelindung Yayasan PPMI Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno menuturkan ajang pemilihan PPMI 2018 bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia demi mengembalikan kejayaan maritim Indonesia."kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah mendidik putera-puteri yang sungguh-sungguh mencintai negerinya. Hal ini pun sejalan dengan visi Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," tambahnya.

Para peserta PPMI 2018 diharapkan datang dari seluruh provinsi di tanah air dengan melakukan pendadtaran yang mulai dibuka tanggal 8 Juni hingga 8 Juli mendatang melalui situs PPMI 2018. Para peserta juga diharapkan membawa rekoemndasi dari pemerintah daerah tempatnya berasal. “Gunanya agar pemda juga mengawal dan membekali para peserta. Dan jika selesai melaui proses karantina, baik menang atau tidak, pemda bisa memanfaatkan hasil penggembelangan selama di karantina,” tambah mantan KSAL ini.

Peserta nantinya akana dikarantina di Pondok Dayung yang merupakan fasilitas dari  Angkatan Laut. Para peserta nanti akan menerima materi pembelajaran yang diarahkan untuk mengangkat ekonomi maritim. Pemateri akan didatangkan dari sejumlah instansi terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kemenko Kemaritiman dan Kementerian Pariwisata.

Tema ekonomi maritim yang sengaja dipilih oleh panitia dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi kemaritiman Indonesia khususnya di bidang ekonomi.

Pendaftaran PPMI 2018 sendiri akan dibuka 8 Juni hingga 8 Juli 2018 mendatang, pendaftaran dapat dilakukan secara online via situs resmi PPMI di www.puteraputerimaritimindonesia.com.

Persyaratan yang ditentukan oleh panitia PPMI 2018 adalah, peserta merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18-26 tahun, belum pernah menikah, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal 165 cm untuk perempuan dan 170 cm untuk laki-laki.

Peserta juga diwajibkan memiliki kemampuan berenang atau salah satu cabang olahraga air. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut IPCC Chiefy Adi Kusmargono saat peremian cafe di Tanjung Priok

Kamis, 25 April 2019 - 12:50 WIB

IPCC Kini Punya Cafe di Pelabuhan

Jakarta – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk / IPC Car Terminal (IPCC) mempunyai kantin/kafe perdana yang bernuansa milenial dan instagramable di tengah hiruk pikuk area pelabuhan untuk para…

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…