ESDM: Cadangan Listrik di Bali 46 Persen

Oleh : Hariyanto | Jumat, 08 Juni 2018 - 17:15 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan cadangan daya listrik di Pulau Bali cukup tinggi yakni mencapai 46 persen saat libur Lebaran 2018.

"Listrik di Bali saat libur Lebaran punya 'reserve margin' (cadangan listrik) sebesar 46 persen atau lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar 30 persen. Jadi, insya Allah aman untuk Lebaran dan bulan-bulan berikutnya," ujarnya saat kunjungan kerja di Badung, Bali, Kamis seperti disampaikan dalam rilis di Jakarta, Kamis (7/6/2018)

Menurut Wamen, beban puncak listrik di Bali yang mencapai 863 MW diperkirakan akan turun menjadi 752 MW saat libur Idul Fitri.

Pemerintah, lanjutnya, akan terus memantau ketersediaan stok listrik maupun BBM agar masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Kepala PT PLN (Persero) Distribusi Bali Nyoman Astawa menambahkan pasokan listrik di Bali berasal dari PLTU Celukan Bawang sebesar 380 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG) Pesanggaran 340 MW, Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk 130 MW, dan PLTD Pemaron 80 MW.

Ditambah, pasokan dari kabel laut interkoneksi Jawa-Bali sebesar 320 MW.

"Jadi, total pasokan dari pembangkitan dan kabel laut mencapai 1.280 MW. Dengan beban puncak sebesar 863 MW, maka akan tersedia cadangan sebesar 417 MW," katanya.

Kelistrikan di Bali juga disuplai 16 gardu induk dengan beban trafo rata-rata di bawah 60 persen.

"Jadi, masih aman apabila terjadi satu unit trafo kami mengalami gangguan," lanjutnya.

Astawa juga mengatakan PLN Bali menjamin keamanan pasokan listrik pada malam takbiran hingga pelaksanaan shalat Ied di seluruh Bali.

"Semua titik-titik shalat Idul Fitri di seluruh kota, yang menjadi pusat perayaan Lebaran di Bali akan dipantau ketersediaan pasokan listriknya," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…