Pertumbuhan Premi Tokio Marine Life Insurance Ditargetkan 25 Persen

Oleh : Kormensius Barus | Jumat, 08 Juni 2018 - 11:01 WIB

Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),
Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hingga kuartal 1-2018, Perusahaan asuransi jiwa, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (Tokio Marine Insurance) tercatat meraup premi bruto Rp 118 miliar. Angka tadi menunjukkan pertumbuhan sebesar 8,2% dibanding kuartal 1-2017 (year on year/yoy). Sementara hingga tahun ini Target  pertumbuhan premi sebesar 20%-25%.

“Ya, Tokio Marine Insurance tahun ini menarget pertumbuhan premi sebesar 20%-25%,”ujar Chief Marketing Officer Tokio Marine Insurance, Sudyawi Sahlan, usai acara Media Gathering Tokio Life Insurance Indonesia dan YKAI di Kantorkuu, Agro Plaza, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018),

Menurutnya, target premi yang dipatok lebih rendah dibanding capaian pertumbuhan premi pada periode 2016-2017 yang mengalami pertumbuhan lebih dari 30%. "Kami menilai pertumbuhan premi dikuartal 1-2018 agak melambat makanya kami patok target realistis," ujarnya.

Disampaikan Sudyawi, asumsi pelambatan tersebut kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Hal itu dipicu oleh melemahnya daya beli masyarakat. Apalagi Menurut Sudyawi, asuransi jiwa itu sangat sensitif, bila ada masalah politik, kriminalitas akan langsung memengaruhi daya beli masyarakat membeli premi.

Meski begitu, Tokio Marine Insurance tak mau pasrah. Menurutnya agar tetap bertumbuh hingga 25% pihaknya akan melakukan sederet strategi yakni, fokus memperbanyak agen profesional atau yang bekerja secara full time. Saat ini menurutnya dari 1.500 agen yang dimiliki hanya 5%-8% yang bekerja secara full time, selebihnya part time.

"Kami akan mengejar sebayak 3.000 - 3.500 agan di tahun ini, " ujarnya. Hingga saat ini dikatakannya channel agensi berkontribusi sebesar 75% dari total premi perusahaan, sementara jalur bancassurance menyumbang 20%.Selebihnya merupakan kontribusi dari jalur korporasi.

Strategi kedua yang dilakukan adalah fokus mengejar pasar secara direct tanpa intervensi bank. Menurutnya pada masa datang tingkat kesadaran berasuransi masyarakat akan makin tinggi, sehingga secara langsung asuransi jiwa akan dicari baik melalui online maupun langsung ke perusahaan asuransi.

Strategi ketiga, dikatakan Sudyawi pihaknya akan memperkuat produk unggulan perusahaan yakni asuransi kesehatan dengan menawarkan paket - paket produk yang telah ada dengan cara memperluas coverage. Salah satunya produk pelengkap khusus penyakit kanker dan ginjal.

Terkait program penguatan produk tadi, Tokio Marine menggelar program corporate social responsibility (CSR) bertajuk Kita Siap Berkarya dan Berdaya Bagi Generasi Penerus Bangsa.

Program CSR ini mengajak partisipasi para karyawan serta tenaga pemasar Tokio Marine untuk mengajarkan anak-anak dengan kanker dari Yayasan Kanker Indonesia berbagai macam keterampilan kreatif seperti membuat karya kerajinan tangan, bernyanyi, mewarnai dan lainnya.

Karya anak anak tersebut lalu dipasarkan oleh Tokio Marine sebagai cendramata dan seluruh hasil penjualan akan diserahkan sepenuhnya kembali. "Ini akan membuat anak-anak kanker bahagia karena dapat berkarya dan berguna walaupun dalam kondisi sakit. Kegiatan ini juga dapat jadi sumber inspirasi positif bagi lingkungan serta masyarakat luas," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Senin, 29 April 2024 - 10:55 WIB

ASLC Catat Laba Bersih Melonjak Hampir 8 Kali Lipat di Kuartal 1 2024

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.…

 Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Senin, 29 April 2024 - 10:42 WIB

Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir…

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Senin, 29 April 2024 - 06:38 WIB

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali setelah berlibur, kita ingin kembali ke rutinitas sehari-hari dengan…

Groundbreaking Socia Garden (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB

Gelar Groundbreaking, Arrayan Group Bakal Serah Terima Unit Socia Garden Akhir Tahun 2024

Arrayan Group sebagai pengembang besar selalu serius dalam merealisasikan dan komitmen terhadap penyelesaian proyeknya. Bukti nyata ini ditandai dengan Groundbreaking tahap 1 di Cluster Tivoli…