118 BUMN Bersinergi Bangun Pariwisata di Lombok

Oleh : Hariyanto | Minggu, 29 Januari 2017 - 08:20 WIB

Sebanyak 118 BUMN Bangun Pariwisata di Lombok
Sebanyak 118 BUMN Bangun Pariwisata di Lombok

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam upaya mempercepat pengembangan pariwisata Indonesia, Kementerian BUMN menghadirkan sebanyak 118 BUMN dan beberapa anak perusahaan BUMN lainnya di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Salah satu BUMN yang ikut serta dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilaksanakan di empat lokasi, yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek, Desa Ende dan Desa Sembalun, Rinjani adalah Perum Jamkrindo.

Dalam keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (28/1/2017), program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR - Corporate Social Responsibility) di bidang pariwisata, pendidikan, lingkungan dan infrastruktur.

Kehadiran BUMN di Mandalika tersebut adalah untuk bersama-sama dan bersinergi melaksanakan program pengembangan pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) setempat melalui inisiasi program BUMN Hadir Untuk Negeri", yaitu program percepatan pembangunan infrastuktur dan pengabdian masyarakat lokal yang dilakukan pada tanggal 26 28 Januari 2017.

BUMN terus tumbuh dan berkembang memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional, utamanya melalui penyediaan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat. BUMN juga menjadi perintis berbagai kegiatan usaha yang belum tersentuh oleh sektor swasta, serta turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Dalam upaya mengantisipasi perkembangan zaman, Kementerian BUMN melalui BUMN-BUMN sebagai bagian dari masyarakat terus berupaya untuk hadir di tengah-tengah publik. Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian BUMN dan BUMN untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan kiprah nyata melalui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Selama dua tahun terakhir, Kementerian BUMN telah menginisiasi pelaksanaan kegaitan BUMN Hadir Untuk Negeri dengan fasilitasi oleh perusahaan BUMN yang memiliki wilayah kerja di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2016 lalu, Kementerian BUMN telah melaksanakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di antaranya di Parapat, Sumatera Utara; Garut, Jawa Barat; Wonosobo, Jawa Tengah; Labuan Bajo, NTT; dan Cilacap, Jawa Tengah.

Perhatian BUMN terhadap masyarakat tersebut dicurahkan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Melalui PKBL, BUMN aktif memberikan bantuan baik di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya, yang semua bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. *

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan bersama Menkop

Senin, 27 Januari 2020 - 22:50 WIB

Kementan - Kemenkop UKM Kembangkan Bisnis Dengan Korporatisasi Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (kemkop UKM) bekerja sama untuk segera mengembangkan bisnis dalam pengelolaan tani dengan mengkorporatisasikan bidang pertanian.…

Peluncuran Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Senin, 27 Januari 2020 - 20:49 WIB

Apresiasi Konsumen, ​Xiaomi selenggarakan Payday Party Super Sale

Sebagai bentuk apresiasi, Xiaomi berikan potongan harga Redmi 8A, Redmi 8 dan Redmi Note 8 mulai dari Rp 150,000

Samsung Galaxy A71

Senin, 27 Januari 2020 - 20:25 WIB

Lengkapi Jajaran A Series, Samsung Galaxy A71 Jadi Smartphone Resmi Piala Presiden Esports 2020

Samsung Galaxy A71 melengkapi jajaran Galaxy A Series dan memberikan pengalaman Live Gaming bagi para gamers dengan performa awesome melalui layar Infiniti-O Super AMOLED Plus, baterai 4.500…

Otoritas Jasa Keuangan/OJK (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 20:15 WIB

OJK Cabut Izin Usaha BPR Tebas Lokarizki Sambas Kalbar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner (KADK) Nomor KEP-19/D.03/2020 tanggal 27 Januari 2020 mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Tebas Lokarizki, yang…

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 19:01 WIB

Pertengahan Tahun 2020, Crown Group Bakal Luncurkan Proyek Pertamanya di Melbourne

Pengembang terkemuka Australia, Crown Group sedang bersiap untuk meluncurkan pengembangan hunian pertamanya di Melbourne pada pertengahan tahun 2020.