Mirip Roti Jala Khas India, Begini Gurihnya Ragit, Kuliner Ramadan Warga Palembang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 31 Mei 2018 - 17:30 WIB

Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)
Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Kuliner saat Ramadan, memang sudah menjadi buruan menjelang untuk berbuka puasa. Salah satunya yakni Ragit yakni kuliner khas warga Palembang yang bakal Kamu jumpai saat bulan puasa. Kuliner ini hampir mirip dengan makanan khas India, Roti Jala namanya.

Ragit terdiri dari dua jenis yaitu Ragit Gulung yang berbentuk segita, lalu ada Ragit Rajut yang berbentuk seperti dadar gulung. Ragit ini, biasanya disantap dengan kuah daging kari. Kuliner Ramadan ini juga agak mirip dengan martabak Tambi atau martabak HAR yang terkenal di Palembang.

Untuk bahannya, Ragit terdiei dari terigu, telur dan garam. Sedangkan, untuk kuahnya terdiri dari kentang, daging sapi, santan kelapa dan bumbu kari.  Lantas bagaimana cara pembuatannya? Ragit biasanya dibuat dengan didadar terlebih dahulu. Sedangkan, kuahnya dibuat belakangan seperti menggulai kari.

Saat mau dimakan, roti Ragit dadar disiram dengan kuah kari, biasanya ditaburi bawang goreng dan cabai hijau panjang dipotong-potong kecil.

Makanan ini sering disajikan saat berbuka puasa. Karena lebih gurih, biasanya makanan ini ditandem dengan makanan khas Palembang lainnya, seperti pempek yang pedas.  Jika Kamu ingin mencicipi Ragit selain di bulan Ramadan, Kamu bisa menemukannya yang dijual pedagang komunitas Arab, seperti di Kota Batu, Pasar Kuto, atau daerah Sayangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…