Mirip Roti Jala Khas India, Begini Gurihnya Ragit, Kuliner Ramadan Warga Palembang

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 31 Mei 2018 - 17:30 WIB

Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)
Ragit, Kuliner Ramadan Khas Palembang (Foto:resepgw.blogspot.com)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Kuliner saat Ramadan, memang sudah menjadi buruan menjelang untuk berbuka puasa. Salah satunya yakni Ragit yakni kuliner khas warga Palembang yang bakal Kamu jumpai saat bulan puasa. Kuliner ini hampir mirip dengan makanan khas India, Roti Jala namanya.

Ragit terdiri dari dua jenis yaitu Ragit Gulung yang berbentuk segita, lalu ada Ragit Rajut yang berbentuk seperti dadar gulung. Ragit ini, biasanya disantap dengan kuah daging kari. Kuliner Ramadan ini juga agak mirip dengan martabak Tambi atau martabak HAR yang terkenal di Palembang.

Untuk bahannya, Ragit terdiei dari terigu, telur dan garam. Sedangkan, untuk kuahnya terdiri dari kentang, daging sapi, santan kelapa dan bumbu kari.  Lantas bagaimana cara pembuatannya? Ragit biasanya dibuat dengan didadar terlebih dahulu. Sedangkan, kuahnya dibuat belakangan seperti menggulai kari.

Saat mau dimakan, roti Ragit dadar disiram dengan kuah kari, biasanya ditaburi bawang goreng dan cabai hijau panjang dipotong-potong kecil.

Makanan ini sering disajikan saat berbuka puasa. Karena lebih gurih, biasanya makanan ini ditandem dengan makanan khas Palembang lainnya, seperti pempek yang pedas.  Jika Kamu ingin mencicipi Ragit selain di bulan Ramadan, Kamu bisa menemukannya yang dijual pedagang komunitas Arab, seperti di Kota Batu, Pasar Kuto, atau daerah Sayangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…