PTFI Banyak Memberi Nilai Bagi Pembangunan Papua

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Januari 2017 - 03:17 WIB

Tambang Freeport Grasberg di Provinsi Papua, Indonesia. (Dadang Tri/Bloomberg via Getty Images)
Tambang Freeport Grasberg di Provinsi Papua, Indonesia. (Dadang Tri/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Depok- Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Chappy Hakim menilai keberadaan perusahaan tersebut banyak manfaatnya dan memberi arti serta nilai signifikan bagi pembangunan di Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Banyak tulisan tentang Freeport yang kurang akurat dan memberi kesan negatif. Keberadaan Freeport banyak manfaatnya," kata Chappy ketika memberi kuliah umum di Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Depok.

Ia mengatakan PTFI turut berkontribusi langsung secara finansial terhadap penerimaan negara dalam bentuk pembayaran pajak, dan pungutan lainnya, royalti dan deviden.

"Kalau sampai ada hal yang tidak fair dilakukan maka saya sendiri orang pertama yang akan mundur, tentunya harus dengan data-data yang akurat," ujar dia.

Menurut dia, operasional Freeport yang dilakukan selama ini berjalan dengan perencanaan yang matang dan pengawasan yang sangat ketat.

Seperti dilansir Antara, dalam paparannya beberapa angka kontribusi finansial PT Freeport Indonesia kepada negara dari tahun 1992 hingga 2015 mencapai 16,1 miliar dolar AS.

Angka tersebut terdiri dari pajak, royalti, dividen, serta bea lainnya. Adapun manfaat tidak langsung yang diberikan Freeport pada rentang waktu yang sama mencapai 32,5 miliar dolar AS yang terdiri dari gaji karyawan, pembelian barang dalam negeri, pembangunan daerah, dan investasi lainnya.

Untuk produksi selama masa Kontrak Karya I yakni 1973 - 1991 mencapai 258 ribu ton komoditas tambang. Sedangkan angka tersebut mengalami kenaikan sepanjang Kontrak Karya (KK) II atau 1991 hingga 2015 yakni mencapai 3,9 juta ton barang tambang.

Selain itu kata Chappy PTFI juga berkontribusi terhadap 91 persen produk domestik regional bruto Kabupaten Mimika, kemudian 37, 5 persen PDRB Provinsi Papua dan 0,8 persen PDB Indonesia.

"Apa yang terjadi jika Freeport ditutup," tanyanya.

Lebih lanjut Chappy mengatakan hingga saat ini PTFI telah menyerap lebih dari 32.000 tenaga kerja, baik karyawan langsung maupun kontraktor. Hampir dari 98 persen tenaga kerja diantaranya adalah putra-putri Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Senin, 16 Mei 2022 - 12:46 WIB

Berorasi di Tengah Aksi Massa Buruh, Kompolnas Puji Sambutan Kapolri

Jakarta-Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menilai pernyataan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat berorasi di tengah aksi massa buruh yang menggelar demonstrasi dalam rangka…

Menperin Agus (ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:35 WIB

Menperin Agus Pacu Penyerapan Produk Industri Dalam Negeri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, guna memacu kinerja perekonomian nasional, Presiden meminta kepada para menterinya untuk aktif memonitor belanja-belanja di setiap…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 16 Mei 2022 - 12:12 WIB

APKASINDO Gelar Keprihatinan Sampaikan Lima Pesan

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) akan mengerahkan petani di 22 Provinsi se-Indonesia untuk melakukan Aksi Keprihatinan Petani Kelapa Sawit Indonesia yang dilakukan serentak…

Navy Jazz Traffic Festival

Senin, 16 Mei 2022 - 12:00 WIB

DEWA 19 Tampil di Acara Navy Jazz Traffic Festival di Malang

Dewa 19 band legendaris Tanah Air menutup acara Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) 2022 yang berlangsung di Villa Navy Residence (VNR), Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022), dengan apik.…

Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Senin, 16 Mei 2022 - 11:48 WIB

Ramai Kabar JIS Bakal Digunakan Untuk Reuni 212, Ini kata Pemprov DKI Jakarta

Mengoreksi pemberitaan di media massa terkait Jakarta International Stadium (JIS) sebagai lokasi reuni 212, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan penggunaan JIS saat…