Lima Menu Favorit Buka Puasa Warga India, Mau Coba?

Oleh : Dina Astria | Senin, 28 Mei 2018 - 17:15 WIB

Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)
Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, masyarakat India pun mempunyai menu favorit saat berbuka puasa. Menu-menu favorit ini mempunyai rasa yang manis, yang cocok untuk menjadi hidangan penutup, apa saja, ya?

1. Phirni

Hidangan penutup berbuka puasa ini terbuat dari susu dan tepung beras yang dibumbui kapulaga hijau, saffron dan air mawar. Kemudian diberi potongan buah kering dan kacang pistachio. Dengan bentuknya seperti bubur, Phirni ini ternyata menjadi salah satu menu yang wajib hadir di meja makan saat berbuka puasa.

 (Source: Cook7)

2. Shahi Tukda

Menu favorit ini terbuat dari potongan roti yang di goreng, lalu diberi topping susu kental dan buah-buahan kering. Shahi tukda mempunyai aroma khas tersendiri karena pemberian kapulaga.

 (Source: DNAIndia)

3. Baklava

Hidangan penutup asal Turki ini terbuat dari kulit pastry khas Turki yang diisi dengan simple syrup, madu dan kacang pistachio cincang.

 (Source: Delicious.com)

4. Khajla Pheni

Khajla pheni merupakan hidangan pencuci mulut tradisional warga India. Hidangan ini terbuat dari tepung dan digoreng dalam ghee. Ghee dalam bahasa India mempunyai arti lemak, lemak yang dimaksud ini terbuat dari susu yang dipanaskan kemudian uapnya diambil dan dipanaskan. Cara memakannya pun unik, harus meremukannya dan mencampurkannya ke dalam susu cair.

 (Source: Masala.tv)

5. Sheer Khurma

Mempunyai arti susu dengan kurma, hidangan ini seperti berbentuk pudding. Terbuat dari pudding bihun yang dimasak dengan susu, kurma dan buah-buahan kering. Selain bulan Ramadan, hidangan sheer kurma juga dijadikan sebagai hidangan saat Hari Raya Idul Fitri.

 (Source: Maps of India)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr Lukmanul Hakim

Sabtu, 04 April 2020 - 00:02 WIB

IHSG Ditutup naik 0,02 persen, Anak Buah Wapres: Kepercayaan Pasar Mulai Tumbuh Kembali Karena Kebijakan Penanganan Covid-19

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi & Keuangan, Dr. Lukmanul Hakim mengatakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang sedang fokus diatasi pemerintah, kabar baik muncul dari…

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).