Lima Menu Favorit Buka Puasa Warga India, Mau Coba?

Oleh : Dina Astria | Senin, 28 Mei 2018 - 17:15 WIB

Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)
Baklava, menu favorit buka puasa warga India. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, masyarakat India pun mempunyai menu favorit saat berbuka puasa. Menu-menu favorit ini mempunyai rasa yang manis, yang cocok untuk menjadi hidangan penutup, apa saja, ya?

1. Phirni

Hidangan penutup berbuka puasa ini terbuat dari susu dan tepung beras yang dibumbui kapulaga hijau, saffron dan air mawar. Kemudian diberi potongan buah kering dan kacang pistachio. Dengan bentuknya seperti bubur, Phirni ini ternyata menjadi salah satu menu yang wajib hadir di meja makan saat berbuka puasa.

 (Source: Cook7)

2. Shahi Tukda

Menu favorit ini terbuat dari potongan roti yang di goreng, lalu diberi topping susu kental dan buah-buahan kering. Shahi tukda mempunyai aroma khas tersendiri karena pemberian kapulaga.

 (Source: DNAIndia)

3. Baklava

Hidangan penutup asal Turki ini terbuat dari kulit pastry khas Turki yang diisi dengan simple syrup, madu dan kacang pistachio cincang.

 (Source: Delicious.com)

4. Khajla Pheni

Khajla pheni merupakan hidangan pencuci mulut tradisional warga India. Hidangan ini terbuat dari tepung dan digoreng dalam ghee. Ghee dalam bahasa India mempunyai arti lemak, lemak yang dimaksud ini terbuat dari susu yang dipanaskan kemudian uapnya diambil dan dipanaskan. Cara memakannya pun unik, harus meremukannya dan mencampurkannya ke dalam susu cair.

 (Source: Masala.tv)

5. Sheer Khurma

Mempunyai arti susu dengan kurma, hidangan ini seperti berbentuk pudding. Terbuat dari pudding bihun yang dimasak dengan susu, kurma dan buah-buahan kering. Selain bulan Ramadan, hidangan sheer kurma juga dijadikan sebagai hidangan saat Hari Raya Idul Fitri.

 (Source: Maps of India)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…