Kue Bay Tat, Jajanan Lezat Khas Bengkulu Saat Ramadan

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 27 Mei 2018 - 16:30 WIB

Kue Bay Tat Khas Bengkulu (Istimewa)
Kue Bay Tat Khas Bengkulu (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Bengkulu - Kue khas Bengkulu yang digemari dan jadi buruan saat bulan Ramadan, yakni kue Bay Tat ini salah satu kuliner untuk berbuka puasa. Kue lembut beraroma kelapa dan nanas ini sangat menggugah selera apalagi disantap saat hangat.

"Ini makanan tradisional masyarakat Bengkulu. Kue ini sudah ada sejak dulu," kata Riwana (63), seorang pembuat bay tat di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bay tat merupakan sejenis roti pipih agak tebal yang dipanggang mirip pizza. Bay tat terbuat dari terigu, mentega, telur, gula dan santan. Sementara bagian atas roti dilumuri selai nanas ataupun selai kelapa.

Riwana menjelaskan, untuk membuat kue bay tat yang gurih, manis dan lembut di lidah, maka langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengocok gula pasir dan telur hingga mengembang.

Setelah itu, masukan mentega, santan kelapa, soda kue dan tepung terigu. Aduk adonan itu hingga merata, lalu diamkan beberapa saat agar semua bahan menyatu sempurna sebelum dicetak.

"Kami menggunakan piring sebagai loyang agar bundarnya pas. Bagian atas kue dilumuri nanas agar makin enak. Setelah itu, dipanggang sekitar 30 menit," jelas Riwana.

Bentuk bay tat bundar dan dihias seperti bunga menjadikan kue itu semakin cantik. Aroma santan kelapa menjadi ciri khas kue berwarna kuning kecoklatan itu.

"Karena bentuknya yang bundar inilah, orang-orang menjulukinya pizza Bengkulu," tutur perempuan yang telah berjualan kue bay tat selama 23 tahun itu.

Riwana menjual bay tat seharga Rp12.500 per loyang. Saat hari biasa, dia hanya memproduksi 50 kue bay tat per hari. Sedangkan saat Ramadhan, produksinya meningkat berkisar 100 hingga 200 loyang per hari.

Amanda Putri, salah seorang pembeli, mengaku tekstur bay tat lembut dengan cita rasa manis dan asam selai nanas. Aroma kelapa yang kuat menjadikan kue itu cocok disantap saat berbuka puasa.?

"Makan satu loyang bay tat dijamin langsung kenyang, karena kue ini padat," terangnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…