Kembangkan Bisnisnya, SCG Gandeng Barito Pacific Rambah Industri Plastik

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Mei 2018 - 18:40 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Raksasa industri petrokimia asal Thailand, Siam Cement Group (SCG) terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia. 

Rencananya, dalam waktu dekat SCG akan mendirikan perusahaan marketing baru di Indonesia. Perusahaan akan menggandeng Barito Pacific untuk memasarkan produk plastik dan turunan polymer lainnya.

Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengatakan, perseroan telah menginvestasikan 50 persen saham untuk perusahaan tersebut. 

"Perusahaan marketing itu bernama PT Nusantara Polymer Solutions (NPS), dimana 50% investasi oleh kami dan 50% lagi oleh Barito," ujarnya di Jakarta (22/5/2018).

Menurutnya, perusahaan tersebut akan mulai beroperasi pada kuartal II-2018 ini. Untuk tahap awal, NPS akan menjual Pipa High Density Polyethylene (HDPE), namun tidak menutup kemungkinan akan menjual produk polymer lainnya yang High Added Value (HVA).

Suplai pipa tersebut didatangkan dari pabrikan SCG di Thailand dan anak usaha Barito Pacific, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di Indonesia.

"Targetnya di tahun pertama ini kami bisa jual 50.000 ton," terang Nantapong.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan, motif pendirian perusahaan joint-venture ini adalah langkah untuk mengejar pertumbuhan strategis SCG untuk produk HVA di Indonesia dan Asean.

Saat ini perusahaan getol melaksanakan pengembangan produk dan riset yang baru, dimana SCG tercatat telah menginvestasikan lebih dari Rp 515 Miliar (US$ 38 Juta) dalam Penelitian dan Pengembangan inovasi, mewakili 1% dari total pendapatan bersih tersebut.

Selain bisnis, tutur Nantapong, SCG juga melakukan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Proyek CSR-nya antara lain melakukan renovasi toilet sekolah, pelatihan bagi siswa sekolah menengah atas, dan pemberian beasiswa yang berkelanjutan selama 7 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 24 Mei 2019 - 17:17 WIB

Ririek Ferdiansyah Didapuk Jadi Dirut Telkom

Jakarta - PT Telkom Indonesia mendapuk Ririek Adriansyah sebagai Direktur Utama usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Samsung Galaxy A2 Core

Jumat, 24 Mei 2019 - 16:14 WIB

Samsung Luncurkan Galaxy A2 Core, Smartphone 4G Harga Satu Jutaan

Samsung Galaxy A2 Core dibenamkan Exynos 7870 dan Android Go mengoptimalkan performa dan baterai tahan lebih lama

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:21 WIB

Sediakan Pangan Murah, Launching TTI Center Disambut Gembira Warga Bogor

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus memperluas jaringan Toko Tani Indonesia (TTI), sebagai pusat perbelanjaan yang menjual berbagai komoditas…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:15 WIB

Mandiri Syariah Perluas Penggunaan Data Dukcapil

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperluas pemanfaatan NIK data kependudukan dan KTP Elektronik Dukcapil.

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.