Tahun Ini Jumlah Pemudik Diprediksi Tembus 20 Juta Jiwa

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:54 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksikan lebih dari 20 juta orang akan melakukan mudik lebaran 2018. Dimana jumlah pemudik melalui transportasi udara mencapai 8 juta orang, jalur darat sekitar 7 juta orang dan jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik.

“Kami perkirakan ada lebih dari 20 juta pemudik pada Lebaran 2018. Pemudik jalur udara diperkirakan ada delapan juta pemudik, jalur darat sekitar tujuh hingga delapan juta pemudik, jalur laut sekitar 1,5 juta pemudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika mengecek kesiapan arus mudik di Stasiun Tugu, Yogyakarta dalam siaran persnya di akhir pekan.

Ia merinci ada sekitar 6 juta pemudik yang memakai jalur perjalanan kereta api. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau kepada para pemudik pengguna jalur darat agar tak semuanya menggunakan jalan tol. Menteri Budi Karya menyarankan agar pemudik lewat jalur darat bisa juga menggunakan jalur selatan Jawa.

Selain itu, Menteri Budi Karya juga menyarankan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Dia lebih menyarankan menggunakan bus maupun kereta.

"Kami mengimbau, masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena 70 persen kecelakaan dalam dua tahun belakangan didominasi motor," paparnya.

Menteri Budi Karya menambahkan pihaknya juga meminta kesadaran organisasi angkutan darat (Organda) dan pengusaha transportasi darat agar bisa memastikan kelaikan armadanya.

 "Bus atau mobilnya semestinya ada ramp check. Tidak ada ramp check, tak boleh beroperasi. Jika tidak (ramp check), kendaraan sangat berisiko. Ini jadi keharusan," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…