Banda Aceh Siap 'Jagokan' Kuliner Unggulan ke Dunia Internasional

Oleh : Dina Astria | Senin, 21 Mei 2018 - 13:58 WIB

Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)
Kuliner khas Banda Aceh, mi dan kopi Aceh. (Foto: BeritaAceh)

INDUSTRY.co.id - Aceh - Pemerintah Banda Aceh baru-baru ini telah memutuskan untuk fokus mempromosikan kuliner unggulan kepada dunia internasional. Hal ini dikarenakan ingin menjadikan Kota Banda Aceh sebagai destinasi pariwisata dunia.

Beragam kuliner khas Banda Aceh disebut memiliki cita rasa tinggi yang akan disukai dunia internasional.

Kuliner yang siap dijagokan itu yakni mi dan kopi Aceh, ayam tangkap, kuah beulangong (kari daging), timpan (lepat), asoe kaya (srikaya), dan roti cane.

"Kuliner ini sudah menjadi ikon Aceh dan Banda Aceh pada khususnya. Promosi ini untuk lebih mengenalkan kuliner tersebut kepada masyarakat dunia," jelas Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh beberapa waktu lalu, seperti yang dikutip dari Antara.

Aminulla juga menambahkan, bahwa sudah mengusulkan daftar kuliner yang diunggulkan itu ke Komite Ekonomi dan Industri RI. Lembaga ini nantinya akan membantu promosikan kuliner Banda Aceh ke kancah internasional.

"Dengan promosi ini diharapkan kuliner Aceh dikenal masyarakat dunia. Tujuannya agar masyarakat dunia berkunjung ke Aceh dan Banda Aceh pada khususnya," tambah Aminullah.

Selain kuliner, Banda Aceh juga akan memberi perhatian lebih kepada para pengembangan usaha ekonomi kreatif untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata.

Aminulla menilai, usaha ekonomi kreatif tersebut juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat. Ia pun berharap para pelaku usaha kreatif di Banda Aceh dapat menghasilkan produk berkualitas sekaligus mempromosikannya.

"Promosi paling mudah sekarang ini bisa melalui media sosial, karena itu manfaatkan media sosial untuk mengenalkan produk. Dan paling penting adalah produk yang dihasilkan harus berkualitas," tutup Aminullah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…