Budi Karya: 8 Juta Orang Mudik Lebaran Lewat Udara

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:32 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ada lonjakan yang cukup tinggi dari dua jalur transportasi yaitu udara dan darat yang dipilih para pemudik Lebaran tahun 2018. Bahkan, jalur udara jadi yang terbanyak pemudiknya tahun ini.

"Pemudik paling besar itu udara, kira-kira delapan juta," kata Budi saat mengecek pelayanan di Stasiun Tugu Yogyakarta, dalam keterangan resminya, Minggu (20/5/2018)

Selain itu, ia menerangkan, untuk jumlah pemudik darat kira-kira sebanyak tujuh hingga delapan juta. Jumlah pemudik laut kira-kira satu hingga satu 1,5 juta, dan kereta api kira-kira enam juta. "Total, ada sekitar 30 jutaan pemudik tahun ini dari semua moda transportasi," katanya.

Ia menekankan, kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada transportasi udara dan darat. Sedangkan, untuk jumlah pemudik transportasi kereta api mengalami kenaikan sekitar lima persen dari tahun lalu. "Kereta api bukan tidak ada peminat, tapi kapasitasnya terbatas," ujar Budi.

Budi menjelaskan, kunjunganya kali ini memang untuk melihat kesiapan stasiun-stasiun di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Ia mengungkapkan, Yogyakarta tetap menjadi destinasi favorit, sehingga praktis semua tiketnya habis terjual. "Secara umum KAI sudah melakukan tugas dengan baik," kata Budi.

Terkait itu, ia merasa, terdapat sejumlah alasan penumpang ingin menggunakan kereta api dibandingkan angkutan lain. Selain harga kompetitif, nyaman, petugasnya ramah, ada satu kepastian waktu yang dimiliki kereta api.

Menurut Budi, itu merupakan satu komitmen pemerintah melalui KAI yaitu pelayanan yang memang harus diberikan secara maksimal. Untuk itu, ia mengapresiasi KAI atas pelayanan yang sudah, sedang dan akan diberikan. "Saya appreciate dengan direksi, dengan karyawan KAI, semoga saya datang ke sini bisa menyemangati," ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…