Budi Karya: 8 Juta Orang Mudik Lebaran Lewat Udara

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 21 Mei 2018 - 10:32 WIB

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan dan memeriksa pelayanan yang terdapat di Stasiun Tugu, Yogyakarta (Humas Kemenhub)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ada lonjakan yang cukup tinggi dari dua jalur transportasi yaitu udara dan darat yang dipilih para pemudik Lebaran tahun 2018. Bahkan, jalur udara jadi yang terbanyak pemudiknya tahun ini.

"Pemudik paling besar itu udara, kira-kira delapan juta," kata Budi saat mengecek pelayanan di Stasiun Tugu Yogyakarta, dalam keterangan resminya, Minggu (20/5/2018)

Selain itu, ia menerangkan, untuk jumlah pemudik darat kira-kira sebanyak tujuh hingga delapan juta. Jumlah pemudik laut kira-kira satu hingga satu 1,5 juta, dan kereta api kira-kira enam juta. "Total, ada sekitar 30 jutaan pemudik tahun ini dari semua moda transportasi," katanya.

Ia menekankan, kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada transportasi udara dan darat. Sedangkan, untuk jumlah pemudik transportasi kereta api mengalami kenaikan sekitar lima persen dari tahun lalu. "Kereta api bukan tidak ada peminat, tapi kapasitasnya terbatas," ujar Budi.

Budi menjelaskan, kunjunganya kali ini memang untuk melihat kesiapan stasiun-stasiun di seluruh Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Ia mengungkapkan, Yogyakarta tetap menjadi destinasi favorit, sehingga praktis semua tiketnya habis terjual. "Secara umum KAI sudah melakukan tugas dengan baik," kata Budi.

Terkait itu, ia merasa, terdapat sejumlah alasan penumpang ingin menggunakan kereta api dibandingkan angkutan lain. Selain harga kompetitif, nyaman, petugasnya ramah, ada satu kepastian waktu yang dimiliki kereta api.

Menurut Budi, itu merupakan satu komitmen pemerintah melalui KAI yaitu pelayanan yang memang harus diberikan secara maksimal. Untuk itu, ia mengapresiasi KAI atas pelayanan yang sudah, sedang dan akan diberikan. "Saya appreciate dengan direksi, dengan karyawan KAI, semoga saya datang ke sini bisa menyemangati," ujar Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:05 WIB

Tiga Perusahaan ini Bakal Sulap Tanjung Lesung Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Tiga perusahaan yang berasal dari Indonesia, China, dan Singapura berkomitmen akan menjadikan Pantai Tanjung Lesung, Banten, sebagai objek wisata berkelas dunia.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…