Kue Bungkul, Kuliner Khas Bengkulu Saat Ramadan

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 20 Mei 2018 - 12:10 WIB

Kue Bungkul Khas Bengkulu (Foto: Istimewa)
Kue Bungkul Khas Bengkulu (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Bengkulu - Berbagai olahan kuliner untuk berbuka mulai bermunculan, seperti Bungkul, yang merupakan kuliner khas khas Kabupaten Bengkulu Tengah yang menjadi favorit warga setempat.

"Inilah kue bungkul, menu favorit buka puasa masyarakat Bengkulu Selatan," ujar Yurdaini (62), pembuat kue bungkul di Bengkulu Selatan baru-baru ini.

Identitas kue bungkul dikaitkan dengan pertanian sebagai komoditas unggulan. Beras dan santan menjadi bahan utama dalam pembuatan beragam kuliner lokal di daerah itu.

"Bahannya sederhana hanya?tepung beras, santan kelapa dan gula aren. Tambahkan pula daun suji sebagai pewarna hijau dan daun pandan untuk mengharumkan.Kemudian dikukus," paparnya.

Ketika Ramadhan, anjuran mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa mendongkrak penjualan kue bungkul. Pembeli tidak hanya warga lokal, tetapi juga luar daerah karena teksturnya yang lembut mirip bubur sumsum mudah diterima.

Lebih lanjut, Yurdaini menjelaskan, hal yang membedakannya kue bungkul dengan bubur sumsum adalah posisi gula merah.

"Untuk bubur sumsum, cairan gula merah disiram di bagian atas. Kalau bungkul, gulanya ada di posisi bawah dengan wadah yang terbuat dari daun pisang," jelasnya.

Tika Hijria (19), seorang pembeli, mengaku menyukai bungkul sebagai menu berbuka puasa karena rasanya yang gurih dan manis.

"Teksturnya lembut mirip bubur sumsum dengan citarasa gurih dan manis. Ini enak jika dikonsumsi saat buka puasa," ungkapnya.

Kue bungkul banyak dijual di pasar Ramadhan di wilayah Bengkulu Selatan dengan harga bervariasi yakni Rp5.000 untuk empat hingga lima bungkul.  (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembangunan Perumahan

Rabu, 01 April 2020 - 12:21 WIB

Kementerian PUPR Mulai Gulirkan Stimulus di Sektor Perumahan per 1 April 2020

Hal tersebut sebagai salah satu antisipasi dampak ekonomi akibat Virus Covid-19 sesuai Kebijakan Stimulus Fiskal Presiden RI Joko Widodo, yang salah satunya dalam bidang perumahan.

Addiniya Nurfarojandari, General Manager Tazbiya (tengah)

Rabu, 01 April 2020 - 12:10 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Tazbia Hadirkan Mukena Dengan Motif dan Model yang Bervariasi

Pada umumnya trend mukena tidak terlalu sering berubah seperti busana mode lainnya. Namun Tazbiya memiliki empat keunggulan yang menjadi pembeda dengan produk mukena lainnya

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Rabu, 01 April 2020 - 12:00 WIB

Produsen Cosmetik MS Glow Donasi Rp 2 Miliar Bantu Atasi Virus Corona

Wabah pandemi virus Corona (Covid-19) telah mengubah kehidupan banyak negara, termasuk Indonesia. Pemerintah pun menyerukan pentingnya gotong royong dan bahu membahu dalam memerangi wabah ini.

Pgn (Istimewa)

Rabu, 01 April 2020 - 11:30 WIB

Selama Masa Pandemi Covid-19, PGN Jamin Pasokan Gas untuk Sektor Kelistrikan Aman

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memastikan bahwa pasokan gas bumi ke sektor kelistrikan akan tetap aman selama masa pandemi virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayah di Indonesia.

Vensia Tjhin sebagai Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com

Rabu, 01 April 2020 - 11:19 WIB

Bisa Nego dari Rumah Belanja di Bhinneka Store

Mendukung langkah pemerintah dalam memperlambat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dengan gerakan dirumahsaja, Bhinneka.Com meluncurkan inisiatif BisaNego yang berjalan di jaringan Bhinneka…