Mencicipi Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Mei 2018 - 12:00 WIB

Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)
Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadan, berbagai hidangan kuliner khas disajikan di berbagai negara. Seperti, kuliner tradisional "Musakhan" yang meruapakan hidangan khas Palestina. Musakhan merupakan kuliner berupa ayam panggang yang teridiri dari bawang, roti, sumac (rempah-rempah), dan kacang pinus goreng.

Jika Kamu ingin mencoba membuat hidangan ini untuk berbuka puasa, berikut ini bahan dan cara pembuatannya dikutip dari egypttoday, Rabu (16/5/2018) :

Bahan:

- 1 potong ayam, potong 4 porsi saji
- ¼ cangkir sumac kering
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- Garam, lada, dan merica
- ½ lemon
- 2 siung bawang putih
- 2 cangkir minyak zaitun segar
- 1 kg bawang, kupas dan cincang. Pastikan bahwa Anda tidak memotong bawang terlalu halus, karena mereka dapat kehilangan tekstur dengan memasak.
- Dua roti besar Taboon. Orang Palestina menggunakan roti yang disebut shrak atau marquq untuk hidangan ini.
- Kacang-kacangan untuk topping dan dekorasi (kacang pinus dan almond adalah yang paling umum digunakan)

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari buah kering dan tanah dari semak-semak Rhus, yang berbentuk bubuk merah tua keunguan yang asam. Sumac digunakan untuk memberi rasa asam, degan memberikan lemon ke ayam, atau digunakan di Salad ala Timur Tengah.

Roti taboon biasanya dipanggang dalam oven yang sangat panas dilapisi dengan batu halus bulat atau, bisa diganti dengan roti pipih asalkan tidak terlalu tipis, karena harus tahan menahan bawang dan ayam.

Cara Pembuatan :

- Dalam mangkuk, campurkan ayam, sumac, bumbu, lemon, bawang putih, garam, dan lada. Rendam dalam kulkas setidaknya selama 30 menit, atau lebih baik selama beberapa jam.

- Panaskan minyak zaitun dalam panci besar atau panci di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ayam, kulit bagian bawah, dan masak sampai kulit coklat keemasan (20-30 menit). Setelah ayam selesai, pindahkan potongan ke piring.

- Kecilkan api dan tambahkan bawang ke dalam panci pastikan bahwa ada cukup minyak zaitun untuk merendam bawang sepenuhnya dan aduk sampai bawang matang dan mulai mengaramel. Setelah bawang selesai, letakkan dalam saringan untuk mengalirkan minyak yang berlebihan.

- Taburkan bawang dengan sumac, kayu manis, lada hitam dan merica, dan aduk hingga benar-benar terlapisi dengan campuran.

- Lapisi bagian bawah loyang dengan roti Taboon dan sikat dengan beberapa minyak zaitun, lalu taburkan setengah bawang diatasnya. Taruh ayam di atas bawang dan masukkan ayam dengan bawang yang tersisa.

- Tempatkan loyang dalam oven yang dipanaskan menjadi 180 derajat selsius dan panggang selama 10 menit.

- Keluarkan hidangan dari oven dan diamkan sekitar 10 menit.

- Atas dengan kacang dan taburi dengan sumac. Kamu bisa menyajikan Musakhan dengan yogurt polos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.