Mencicipi Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Mei 2018 - 12:00 WIB

Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)
Hidangan Musakhan, Kuliner Khas Ramadan di Palestina (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadan, berbagai hidangan kuliner khas disajikan di berbagai negara. Seperti, kuliner tradisional "Musakhan" yang meruapakan hidangan khas Palestina. Musakhan merupakan kuliner berupa ayam panggang yang teridiri dari bawang, roti, sumac (rempah-rempah), dan kacang pinus goreng.

Jika Kamu ingin mencoba membuat hidangan ini untuk berbuka puasa, berikut ini bahan dan cara pembuatannya dikutip dari egypttoday, Rabu (16/5/2018) :

Bahan:

- 1 potong ayam, potong 4 porsi saji
- ¼ cangkir sumac kering
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- Garam, lada, dan merica
- ½ lemon
- 2 siung bawang putih
- 2 cangkir minyak zaitun segar
- 1 kg bawang, kupas dan cincang. Pastikan bahwa Anda tidak memotong bawang terlalu halus, karena mereka dapat kehilangan tekstur dengan memasak.
- Dua roti besar Taboon. Orang Palestina menggunakan roti yang disebut shrak atau marquq untuk hidangan ini.
- Kacang-kacangan untuk topping dan dekorasi (kacang pinus dan almond adalah yang paling umum digunakan)

Sumac adalah rempah-rempah yang berasal dari buah kering dan tanah dari semak-semak Rhus, yang berbentuk bubuk merah tua keunguan yang asam. Sumac digunakan untuk memberi rasa asam, degan memberikan lemon ke ayam, atau digunakan di Salad ala Timur Tengah.

Roti taboon biasanya dipanggang dalam oven yang sangat panas dilapisi dengan batu halus bulat atau, bisa diganti dengan roti pipih asalkan tidak terlalu tipis, karena harus tahan menahan bawang dan ayam.

Cara Pembuatan :

- Dalam mangkuk, campurkan ayam, sumac, bumbu, lemon, bawang putih, garam, dan lada. Rendam dalam kulkas setidaknya selama 30 menit, atau lebih baik selama beberapa jam.

- Panaskan minyak zaitun dalam panci besar atau panci di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ayam, kulit bagian bawah, dan masak sampai kulit coklat keemasan (20-30 menit). Setelah ayam selesai, pindahkan potongan ke piring.

- Kecilkan api dan tambahkan bawang ke dalam panci pastikan bahwa ada cukup minyak zaitun untuk merendam bawang sepenuhnya dan aduk sampai bawang matang dan mulai mengaramel. Setelah bawang selesai, letakkan dalam saringan untuk mengalirkan minyak yang berlebihan.

- Taburkan bawang dengan sumac, kayu manis, lada hitam dan merica, dan aduk hingga benar-benar terlapisi dengan campuran.

- Lapisi bagian bawah loyang dengan roti Taboon dan sikat dengan beberapa minyak zaitun, lalu taburkan setengah bawang diatasnya. Taruh ayam di atas bawang dan masukkan ayam dengan bawang yang tersisa.

- Tempatkan loyang dalam oven yang dipanaskan menjadi 180 derajat selsius dan panggang selama 10 menit.

- Keluarkan hidangan dari oven dan diamkan sekitar 10 menit.

- Atas dengan kacang dan taburi dengan sumac. Kamu bisa menyajikan Musakhan dengan yogurt polos.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Rabu, 03 Juni 2020 - 19:21 WIB

Beredar Kabar Anies Perpanjang PSBB, Mal di Jakarta Batal Dibuka, Ini Penjelasan Pemprov

Pemprov DKI Jakarta kembali menegaskan bahwa Mal belum diizinkan beroperasi di Jakarta. Sebelumnya tersiar informasi yang menyebutkan pusat perbelanjaan atau mal akan dibuka kembali pada 5 dan…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:52 WIB

Sah! Pemerintah Gelontorkan Rp677,2 Triliun Dana Covid-19, Ini Rinciannya...

Seusai rapat terbatas dengan Presiden melalui video conference, di Jakarta, pada rabu (3/6/2020), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa total anggaran untuk penanganan…

Taralite

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:42 WIB

Fintech P2P Lending Taralite Raih Izin Usaha Dari Otoritas Jasa Keuangan

Dengan adanya izin dari OJK tersebut, perusahaan yang merupakan bagian dari Grup OVO yang sebelumnya berstatus “Terdaftar” di OJK, kini meningkat menjadi perusahaan P2P Lending berlisensi…

Chief Credit Officer & Co-Founder, Christopher Gultom

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:20 WIB

Sambut New Normal, Akseleran Siapkan Strategi Mitigasi Risiko Kredit

Menyambut New Normal, Akseleran menyiapkan sejumlah strategi untuk memitigasi risiko kredit bermasalah (non performing loan/NPL) guna mendukung kebangkitan perekonomian nasional.

Bank Bukopin serahkan bantuan ke terdampak covid-19 (Doc: Bank Bukopin)

Rabu, 03 Juni 2020 - 18:10 WIB

Bank Bukopin dan Agen Laku Pandai Salurkan CSR ke Terdampak COVID-19 di Solo

Di tengah kondisi pandemi virus Corona (COVID-19), Bank Bukopin berkomitmen tetap hadir di tengah masyarakat untuk saling mendukung dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran COVID-19. Selain…