BNI Perluas Dukungan Pembiayaan Petani Tebu Melalui KUR di Mojokerto

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Mei 2018 - 13:40 WIB

Ilustrasi Petani Tebu (atr)
Ilustrasi Petani Tebu (atr)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) memperluas dukungan pembiayaan kepada petani tebu dengan menggunakan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BBNI, Catur Budi Harto mengatakan perseroan siap membiayai para petani tebu dengan skema KUR Linkage melalui Koperasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dan skema One on One. 

"Skema linkage merupakan kerjasama antara BNI, Koperasi, dan PTPN. Pada skema ini koperasi mengajukan permohonan kredit ke BNI, lalu Koperasi menerus pinjamkan kredit kepada petani. Koperasi menjadi pembeli (offtaker) yang mengakomodir hasil panen petani untuk disetorkan ke pabrik gula untuk dilakukan penggilingan," kata Catur dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/5/2018). 

Dijelaskan, setelah terjual PTPN melakukan penyetoran hasil pembayarannya ke rekening koperasi di BNI setelah dikurangi kewajiban koperasi di BNI dan yang terakhir pembayaran kewajiban Koperasi ke BNI oleh PTPN. 

Sementara itu untuk skema one on one sama seperti linkage, namun perbedaannya adalah petani yang telah mendapat rekomendasi dari pabrik gula yang bisa mengajukan kredit ke BNI.

Catur menambahkan langkah tersebut merupakan bagian dari dukungan perseroan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dan energi serta mensejahterakan petani. 

"Pada tahap awal pembiayaan BNI memberikan kepada 197 petani dengan total penyaluran kredit sebesar Rp1,5 miliar," urainya. 

Tercatat hingga 11 Mei 2018, perseroan telah berhasil menyalurkan KUR mencapai Rp6,85 triliun, atau setara 50,76 persen dari target KUR yang akan disalurkan perseroan pada 2018 sebesar Rp13,5 triliun.

Adapun penyaluran KUR dilakukan secara simbolis kepada tiga petani tebu binaan PTPN X dan BNI yang dilaksanakan ditengah kunjungan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno ke Jawa Timur. 

Menteri BUMN RI meninjau lokasi tebang dan tanam tebu di salah satu lahan pertanian tebu milik petani binaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X dan BNI di Desa Mojosarirejo. 

Hadir menyaksikan penyaluran KUR tersebut Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto, serta CEO BNI Wilayah Surabaya Muhammad Jufri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin