Penuhi Kebutuhan Listrik Halmahera, Investor Swedia Bangun PLTS

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Januari 2017 - 07:03 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Ternate - Investor asal Swedia akan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 30 MW di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah itu.

"Peralatan untuk pembangunan PLTS tersebut didatangkan langsung dari Swedia dan kini sedang dalam proses pengangkutan menggunakan kapal laut ke Halmahera Barat," kata Bupati Halmahera Barat Danny Missy di Ternate, Rabu (25/1/2017).

Seperti dilansir Antara, Pembangunan PLTS berkapasitas 30 MW tersebut dibagi dalam tiga lokasi di wilayah Loloda dengan kapasitas masing-masing 10 MW, sehingga memberikan pelayanan listrik secara merata di Kabupaten Halmahera Barat.

Bupati mengatakan, adanya pembangunan PLTS berkapasitas 30 MW tersebut diharapkan kejadian pemadaman listrik akibat terbatasnya daya listrik yang dimiliki PLN seperti yang terjadi selama ini sering dikeluhkan masyarakat Halmahera Barat, tidak akan terjadi lagi.

Selain itu, keteresediaan listrik juga dapat menjadi salah satu daya tarik bagi investor untuk merealisasikan usaha di Halmahera Barat.

Selama ini, salah satu penyebab investor enggan menanamkan modal di Halmahera Barat adalah terbatasnya kapasitas listrik yang ada.

Menurut Danny Missy, pemkab juga terus mendorong perusahaan yang kini membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di daerah itu segera menyelesaikan proyeknya untuk lebih meningkatkan penyediaan energi listrik di daerahnya.

Potensi energi terbarukan lainnya yang juga tersedia di Halmahera Barat adalah mikro hidro seperti yang sudah dimanfaatkan di wilayah Goal, angin, air laut baik dari arus laut maupun suhu laut.

Ia menambahkan, pemkab akan memberikan berbagai kemudahan kepada pelaku usaha yang ingin mengembangkan pembangkit listrik energi terbarukan di daerahnya seperit perizinan, mendapatkan lokasi usaha, dukungan kebijakan dan penyediaan infrastruktur penunjang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PTPP-Hyundai Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Konstruksi(Foto Rino)

Kamis, 20 Juni 2019 - 06:31 WIB

PTPP-Hyundai Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Sektor Konstruksi

PT PP (Persero) Tbk (“Perseroan”) salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia bersama dengan PT Hyundai Engineering & Construction (“Hyundai E&C”) melakukan…

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…