Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 12 Mei 2018 - 09:00 WIB

Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia
Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang, melalui Japan External Trade Organization (JETRO), untuk menyelenggarakan Indonesia-Japan Innovation Meetup. Pertemuan ini ditargetkan dapat memfasilitasi berbagai korporasi dan investor Jepang untuk menjalin kerja sama dengan startup lokal Indonesia.

BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang untuk menjadi mitra pilihan karena adanya dukungan kuat Salim Group terhadap ekosistem startup lokal Indonesia.

“Tujuan keberadaan kami di BLOCK71 Jakarta adalah mendorong inovasi dan kolaborasi di dalam ekosistem startup dan merupakan kehormatan kami untuk menjadi tuan rumah bagi tamu Jepang kami pada acara ini. Dengan dukungan Salim Group dan JETRO, kami berharap acara ini dapat menyediakan platform yang memungkinkan startup Indonesia ekspansi ke luar ASEAN,” ujar Adrian Lim, Direktur Utama BLOCK71 Jakarta, di Jakarta, baru-baru ini.

Seperti diketahui, kini Jepang adalah investor asing terbesar kedua di Indonesia, dengan investasi US$14,9 miliar pada 2017. Sistem MRT Jakarta, pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat, kereta api semi cepat yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur dan pengembangan blok Masela kawasan kilang minyak dan gas di Laut Arafura.

“Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mempromosikan kolaborasi bisnis antara ASEAN dan Jepang di bidang industri baru, JETRO mengadakan acara pertemuan di Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, Hanoi dan di Jakarta. Selain itu, JETRO mendukung pilot project di mana JETRO melakukan seleksi terhadap para pendaftar dan mendukung mereka secara keuangan untuk melakukan uji coba bisnis yang inovatif dengan cara mendorong kolaborasi antara perusahaan ASEAN dan perusahaan Jepang,” papar Daiki Kasugahara, Direktur Utama JETRO Jakarta.

Jepang telah memilih dua startup yang memberikan presentasi di acara Indonesia-Japan Innovation Meetup tersebut. Kedua startup tersebut adalah Openlogi dan Global Mobility Service (GMS), yang menggunakan teknologi baru di bidang fintech dan logistik untuk produknya.

“Tujuan penting kami adalah membuka jalan untuk mempromosikan pembangunan inklusif dan berkelanjutan melalui kemitraan bisnis dan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. Kemitraan yang saling melengkapi dari dua negara akan berkontribusi dalam menyediakan solusi baru untuk tantangan sosial di Indonesia, ” tukas Kasugahara.

Selama acara ini, ada lebih dari 50 eksekutif dari korporasi dan investor Jepang seperti Sumitomo Corporations, Itochu, Mitsui Indonesia, Mitsubishi dan lainnya yang menghadiri acara dan bertemu dengan startup di sektor logistik, pertanian, makanan, dan fintech. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…