Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 12 Mei 2018 - 09:00 WIB

Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia
Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang, melalui Japan External Trade Organization (JETRO), untuk menyelenggarakan Indonesia-Japan Innovation Meetup. Pertemuan ini ditargetkan dapat memfasilitasi berbagai korporasi dan investor Jepang untuk menjalin kerja sama dengan startup lokal Indonesia.

BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang untuk menjadi mitra pilihan karena adanya dukungan kuat Salim Group terhadap ekosistem startup lokal Indonesia.

“Tujuan keberadaan kami di BLOCK71 Jakarta adalah mendorong inovasi dan kolaborasi di dalam ekosistem startup dan merupakan kehormatan kami untuk menjadi tuan rumah bagi tamu Jepang kami pada acara ini. Dengan dukungan Salim Group dan JETRO, kami berharap acara ini dapat menyediakan platform yang memungkinkan startup Indonesia ekspansi ke luar ASEAN,” ujar Adrian Lim, Direktur Utama BLOCK71 Jakarta, di Jakarta, baru-baru ini.

Seperti diketahui, kini Jepang adalah investor asing terbesar kedua di Indonesia, dengan investasi US$14,9 miliar pada 2017. Sistem MRT Jakarta, pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat, kereta api semi cepat yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur dan pengembangan blok Masela kawasan kilang minyak dan gas di Laut Arafura.

“Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mempromosikan kolaborasi bisnis antara ASEAN dan Jepang di bidang industri baru, JETRO mengadakan acara pertemuan di Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, Hanoi dan di Jakarta. Selain itu, JETRO mendukung pilot project di mana JETRO melakukan seleksi terhadap para pendaftar dan mendukung mereka secara keuangan untuk melakukan uji coba bisnis yang inovatif dengan cara mendorong kolaborasi antara perusahaan ASEAN dan perusahaan Jepang,” papar Daiki Kasugahara, Direktur Utama JETRO Jakarta.

Jepang telah memilih dua startup yang memberikan presentasi di acara Indonesia-Japan Innovation Meetup tersebut. Kedua startup tersebut adalah Openlogi dan Global Mobility Service (GMS), yang menggunakan teknologi baru di bidang fintech dan logistik untuk produknya.

“Tujuan penting kami adalah membuka jalan untuk mempromosikan pembangunan inklusif dan berkelanjutan melalui kemitraan bisnis dan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. Kemitraan yang saling melengkapi dari dua negara akan berkontribusi dalam menyediakan solusi baru untuk tantangan sosial di Indonesia, ” tukas Kasugahara.

Selama acara ini, ada lebih dari 50 eksekutif dari korporasi dan investor Jepang seperti Sumitomo Corporations, Itochu, Mitsui Indonesia, Mitsubishi dan lainnya yang menghadiri acara dan bertemu dengan startup di sektor logistik, pertanian, makanan, dan fintech. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 22:00 WIB

Garuda Indonesia Perkuat Kerja Sama Codeshare Jaringan Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama “codeshare” dengan maskapai global yang menjadi mitranya khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan…

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita Antarkan Kemensos Raih Opini WTP untuk Ketiga Kalinya

Kementerian Sosial kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Kementerian Sosial Tahun 2018 oleh Badan Pemeriksa…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:00 WIB

Bambang Soesatyo Minta Seluruh Elemen Utamakan Kepentingan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta seluruh elemen bangsa mempererat tali silaturahmi untuk mengukuhkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sangat penting mengingat situasi…

BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas (Foto Rino)

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:14 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I tahun…

Koperasi Mitra Tani Parahyangan, Cianjur akan mengembangan produksi jagung melalui sistem perubahan pola tanam dan pola panen.

Selasa, 18 Juni 2019 - 19:25 WIB

Cara Ini Koperasi Mitra Tani Parahyangan Sukses Kembangkan Jagung

Koperasi Mitra Tani Parahyangan, Cianjur akan mengembangan produksi jagung melalui sistem perubahan pola tanam dan pola panen. Pengembangan ini seiring dengan permintaan yang terus meningkat,…