Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 12 Mei 2018 - 09:00 WIB

Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia
Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang, melalui Japan External Trade Organization (JETRO), untuk menyelenggarakan Indonesia-Japan Innovation Meetup. Pertemuan ini ditargetkan dapat memfasilitasi berbagai korporasi dan investor Jepang untuk menjalin kerja sama dengan startup lokal Indonesia.

BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang untuk menjadi mitra pilihan karena adanya dukungan kuat Salim Group terhadap ekosistem startup lokal Indonesia.

“Tujuan keberadaan kami di BLOCK71 Jakarta adalah mendorong inovasi dan kolaborasi di dalam ekosistem startup dan merupakan kehormatan kami untuk menjadi tuan rumah bagi tamu Jepang kami pada acara ini. Dengan dukungan Salim Group dan JETRO, kami berharap acara ini dapat menyediakan platform yang memungkinkan startup Indonesia ekspansi ke luar ASEAN,” ujar Adrian Lim, Direktur Utama BLOCK71 Jakarta, di Jakarta, baru-baru ini.

Seperti diketahui, kini Jepang adalah investor asing terbesar kedua di Indonesia, dengan investasi US$14,9 miliar pada 2017. Sistem MRT Jakarta, pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat, kereta api semi cepat yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur dan pengembangan blok Masela kawasan kilang minyak dan gas di Laut Arafura.

“Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mempromosikan kolaborasi bisnis antara ASEAN dan Jepang di bidang industri baru, JETRO mengadakan acara pertemuan di Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, Hanoi dan di Jakarta. Selain itu, JETRO mendukung pilot project di mana JETRO melakukan seleksi terhadap para pendaftar dan mendukung mereka secara keuangan untuk melakukan uji coba bisnis yang inovatif dengan cara mendorong kolaborasi antara perusahaan ASEAN dan perusahaan Jepang,” papar Daiki Kasugahara, Direktur Utama JETRO Jakarta.

Jepang telah memilih dua startup yang memberikan presentasi di acara Indonesia-Japan Innovation Meetup tersebut. Kedua startup tersebut adalah Openlogi dan Global Mobility Service (GMS), yang menggunakan teknologi baru di bidang fintech dan logistik untuk produknya.

“Tujuan penting kami adalah membuka jalan untuk mempromosikan pembangunan inklusif dan berkelanjutan melalui kemitraan bisnis dan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. Kemitraan yang saling melengkapi dari dua negara akan berkontribusi dalam menyediakan solusi baru untuk tantangan sosial di Indonesia, ” tukas Kasugahara.

Selama acara ini, ada lebih dari 50 eksekutif dari korporasi dan investor Jepang seperti Sumitomo Corporations, Itochu, Mitsui Indonesia, Mitsubishi dan lainnya yang menghadiri acara dan bertemu dengan startup di sektor logistik, pertanian, makanan, dan fintech. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Mall

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:55 WIB

Tak Ingin Disalahkan Gubernur Anies, Asosiasi Pusat Perbelanjaan Tetap Ikut Aturan Pemprov DKI Soal Pembukaan Mal

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan menyatakan, jadwal pembukaan operasional mal di ibukota masih belum pasti.

Uji Swab Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:48 WIB

Jelang Jumat Siang, Pasien Positif Covid-19 Tercatat Tembus 24.538, Penambahan Kasus Terbanyak Jawa Timur dan WNI Repatriasi asal Jakarta

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 ada sebanyak 687 orang sehingga totalnya menjadi 24.538

Perusahaan logistik Anteraja

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:37 WIB

Kuartal I-2020, Laba Adi Sarana Armada Turun Tipis Menjadi Rp26,05 Miliar

PT Adi Sarana Armada Tbk (“ASSA”), mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 38% sepanjang kuartal pertama tahun 2020 menjadi sebesar Rp701,62 miliar dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya…

Teh Pucuk Harum Buat UMKM Terdampak Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:30 WIB

Teh Pucuk Harum Buat UMKM Terdampak Covid-19

Guna membantu para pelaku UMKM terutama dibidang kuliner yang terkena dampak pandemi Coronavirus (COVID-19), Teh Pucuk Harum menghelat program bertajuk #WaktunyaKebaikan pada Bulan Suci Ramadhan…

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:20 WIB

Tanpa SIKM 6.364 Kendaraan Gagal Masuk Jakarta, Kadishub: Jangan Balik Dulu, Silahkan Anda Disana Dulu Bangun kampung

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan data hingga Rabu (37/5) malam ada sebanyak 6.364 kendaraan yang telah diputar-balikkan ketika hendak masuk…