Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 12 Mei 2018 - 09:00 WIB

Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia
Lewat BLOCK71 Jakarta, Salim Group Dukung Ekosistem StartUp Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang, melalui Japan External Trade Organization (JETRO), untuk menyelenggarakan Indonesia-Japan Innovation Meetup. Pertemuan ini ditargetkan dapat memfasilitasi berbagai korporasi dan investor Jepang untuk menjalin kerja sama dengan startup lokal Indonesia.

BLOCK71 Jakarta dipilih pemerintah Jepang untuk menjadi mitra pilihan karena adanya dukungan kuat Salim Group terhadap ekosistem startup lokal Indonesia.

“Tujuan keberadaan kami di BLOCK71 Jakarta adalah mendorong inovasi dan kolaborasi di dalam ekosistem startup dan merupakan kehormatan kami untuk menjadi tuan rumah bagi tamu Jepang kami pada acara ini. Dengan dukungan Salim Group dan JETRO, kami berharap acara ini dapat menyediakan platform yang memungkinkan startup Indonesia ekspansi ke luar ASEAN,” ujar Adrian Lim, Direktur Utama BLOCK71 Jakarta, di Jakarta, baru-baru ini.

Seperti diketahui, kini Jepang adalah investor asing terbesar kedua di Indonesia, dengan investasi US$14,9 miliar pada 2017. Sistem MRT Jakarta, pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat, kereta api semi cepat yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya di Jawa Timur dan pengembangan blok Masela kawasan kilang minyak dan gas di Laut Arafura.

“Dalam beberapa tahun terakhir, untuk mempromosikan kolaborasi bisnis antara ASEAN dan Jepang di bidang industri baru, JETRO mengadakan acara pertemuan di Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, Hanoi dan di Jakarta. Selain itu, JETRO mendukung pilot project di mana JETRO melakukan seleksi terhadap para pendaftar dan mendukung mereka secara keuangan untuk melakukan uji coba bisnis yang inovatif dengan cara mendorong kolaborasi antara perusahaan ASEAN dan perusahaan Jepang,” papar Daiki Kasugahara, Direktur Utama JETRO Jakarta.

Jepang telah memilih dua startup yang memberikan presentasi di acara Indonesia-Japan Innovation Meetup tersebut. Kedua startup tersebut adalah Openlogi dan Global Mobility Service (GMS), yang menggunakan teknologi baru di bidang fintech dan logistik untuk produknya.

“Tujuan penting kami adalah membuka jalan untuk mempromosikan pembangunan inklusif dan berkelanjutan melalui kemitraan bisnis dan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang. Kemitraan yang saling melengkapi dari dua negara akan berkontribusi dalam menyediakan solusi baru untuk tantangan sosial di Indonesia, ” tukas Kasugahara.

Selama acara ini, ada lebih dari 50 eksekutif dari korporasi dan investor Jepang seperti Sumitomo Corporations, Itochu, Mitsui Indonesia, Mitsubishi dan lainnya yang menghadiri acara dan bertemu dengan startup di sektor logistik, pertanian, makanan, dan fintech. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

Rabu, 18 September 2019 - 18:00 WIB

MKI Dukung Pengembangan Energi Terbarukan dan Teknologi Terkait Listrik 4.0

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan press conference terkait “Road to HLN”, 20 Hari Menjelang Penyelenggaranaan Acara Hari Listrik Nasional ke-74. Pelaksanaan Press Conference…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…

realme 5 Quad Camera Si Calon Ponsel Terbaik di Kelas 2 Jutaan

Rabu, 18 September 2019 - 16:06 WIB

realme 5 Quad Camera Si Calon Ponsel Terbaik di Kelas 2 Jutaan

Biasanya ponsel kelas dua jutaan itu identik dengan ponsel-ponsel yang “berharap” ingin menjadi seperti ponsel kelas atas. Ini karena produk-produk yang ada di kelas tersebut mendapat tekanan…