APKKI Lapor Mendag Terkait Keberatan Tentang Wacana Perpanjangan Pengenaan BMAD Untuk Produk Baja Lapis Ringan

Oleh : Ridwan | Jumat, 04 Mei 2018 - 13:53 WIB

Ilustrasi Kemasan Kaleng Logam
Ilustrasi Kemasan Kaleng Logam

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Produsen Kemas Kaleng Indonesia (APKKI) hari ini, Jumat (4/5/2018) mendatangi kantor Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. 

Kedatangan mereka ke kantor Kementerian Perdagangan adalah untuk menyampaikan keberatannya tentang wacana perpanjangan pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) periode 2019-2024 atas produk baja lapis timah (Tinplate).

Ketua APPKI Halim Parta Wijaya mengatakan, pengenaan BMAD tentunya akan merugikan para produsen kemasan kaleng yang selama ini selalu melakukan impor Tinplate dari luar negeri. Pasalnya, para produsen kemasan kaleng akan membayar bea masuk lebih tinggi kepada pemerintah.

"Pada 2014-2015 Januari kan sudah ditetapkan Bea Masuk Anti Simping untuk tinplate kepada 3 negara Korea Taiwan dan China ini sudah berlangsung 5 tahun yang seharusnya berakhir pada Januari 2019 ternyata Latinusa mengajukan lagi permohonan untuk perpanjangan dari laporan terakhir tadi penyelidikan terindikasi bahwa rencananya Kadi akan mengizinkan perpanjangan dan kami melihat ada banyak hal yang mestinya tidak adil terhadap perusahaan nasional," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Berdasarkan perhitunganya, jika wacana pengenaan BMAD diberlakukan, maka para produsen kemasan kaleng harus membayar Bea Masuk (BM) sekitar 20%. 

Hal tersebut dikarenakan para produsen yang ingin melakukan impor harus membayar Bea Masuk berdasarkan PMK Nomor 10PMK.011/2014 sebesar 12,5% dtamabah BMAD hingga 7%.

"Industri dalam negeri telah diberikan cukup proteksi oleh pemerintah Indonesia dalam bentuk tarif bea masuk impor atas tinplate sebesar 12,5% sehingga apabila impor atas tinplate dari ketiga dikenakan bea masuk anti simping (BMAD) akan menjadi sebesar BM (12,5%) BMAD (4,4% sampai dengan 7,9%)," jelasnya.

Menurut Ketua APPKI, jika memang bertujuan untuk melindungi industri tinplate dalam negeri, pemerintah sudah cukup untuk melakukan pengenaan Bea Masuk saja tanpa perlu mengenakan BMAD kepada para produsen kemasa kaleng. 

Menurutnya, dengan pengeenaan BM saja, industri tinplate dalam negeri dirasa sudah cukup terlindung.

Selain itu lanjut Halim, industri tinplate dalam negeri sudah sangat terlindungi. "Bagaimana tidak, dari 160.000 metrik ton produksi industri tinplate, hampir semuanya terserap oleh produsen minuman kaleng dalam negeri," tutur Halim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (tengah), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri), dan Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (kanan) saat menggelar jumpa pers dalam musyawarah nasional tahun 2019 yang digelar oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), di Hotel Claro, Makassar, Selasa malam, 12 November 2019.

Kamis, 14 November 2019 - 05:20 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Siapkan Pelatihan Pengembangan SDM Koperasi di Era 4.0

Makassar–Data mencatat, jumlah koperasi berskala mikro, kecil, dan menengah ada sebanyak ± 116.923 unit (99,64%). Angka tersebut didominasi oleh koperasi skala usaha mikro sebanyak ± 88.484…

Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Kamis, 14 November 2019 - 05:09 WIB

Nurdin Halid Kembali Terpilh Menjadi Ketua Umum Dekopin

Makassar — Nurdin Halid (NH) kembali terpilih menjadi ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) untuk ketiga kalinya.

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Provinsi Sultra Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Provinsi Sulawesi Tenggara siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021. HPN merupakan agenda tahunan yang puncak peringatannya dilaksanakan setiap 9 Februari.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 14 November 2019 - 05:00 WIB

Partai Nasdem- Pimpinan MPR RI Bahas Amandemen Terbatas NRI 1945

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama para Wakil Ketua MPR RI lainnya bersilaturahim dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan jajaran pengurus pusat Partai Nasdem. Selain untuk mempererat…

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Kamis, 14 November 2019 - 04:30 WIB

Pusjarah TNI Gelar Lomba Lukis SMA Tingkat Nasional

Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI tahun 2019, Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusjarah TNI) menggelar “Lomba Melukis SMA Tingkat Nasional” dengan menggunakan kanvas berukuran…