Presiden Jokowi-Sultan Brunei Bertanding Bulu Tangkis

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Mei 2018 - 04:38 WIB

Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo dan Sultan Hassanal Bolkiah beradu kemampuan lewat pertandingan bulu tangkis di GOR Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis petang (3/5/2018) , dengan skor imbang 25-25.

Dalam pertandingan ini, Presiden Jokowi berpasangan dengan legenda bulutangkis Indonesia Alan Budi Kusuma, sementara Sultan Hassanal berpasangan Hendri Saputra.

Pertandingan antarkedua kepala negara ini berlangsung sengit. Presiden Jokowi yang mengenakan kaos oblong putih awal-awal memimpin atas Sultan. Namun, perlahan orang nomor satu di Brunei Darussalam itu menyamakan skor menjadi 10-10. Setelah itu pertandingan berimbang dengan saling mengejar.

Duel semakin sengit saat tim Jokowi diimbangi 20-20 oleh tim Sultan Bolkiah. Kejar-kejaran poin berlangsung hingga skor akhir 25-25 untuk kedua tim.

Jokowi pun langsung angkat raket tidak melanjutkan pertandingan. Jokowi pun digantikan oleh Menko Polhukam Wiranto. Tim Sultan Bolkiah berhasil mengalahkan tim Wiranto dengan skor 21-16.

Pertandingan ini berjalan meriah dengan teriakan dan tepuk tangan dari penonton yang diisi anggota TNI dan para awak media.

Hadir menonton pertandingan perwakilan dari Indonesia dan Brunei Darussalam. Dari Indonesia ada Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Usai pertandingan, Presiden Jokowi mengatakan persahabatan antar negara ini tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal saja.

Kepala negara menyebutkan, upaya yang dilakukan dengan Sultan Brunei merupakan bagian dari "soft diplomasi".

"Ada yang namanya 'soft diplomasi'. Dan memang saya tahu Sultan Hassanal Bolkiah itu memang hobinya badminton, saya pernah bertanya dan beliau menjawab. Dalam sehari, beliau tiga kali main badminton dan sekali main bisa sampai tiga set. Jadi, waktu di ASEAN Summit, kemudian di Australia dan Singapura, saya mengajak beliau untuk datang ke Indonesia bermain badminton," ujarnya.

Jokowi mengaku mengeluarkan keringat yang cukup banyak dan merasa segar.

"Keringat keluar banyak, tapi yang paling penting tamunya terlayani dan senang. Inilah bagian dari persahabatan antarnegara," kata Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Jumat, 20 September 2019 - 16:00 WIB

Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Kredit Pintar, perusahaan financial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan…

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Jumat, 20 September 2019 - 15:40 WIB

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian di seluruh dunia. Badan kesehatan dunia (WHO) mendorong…

Bank BTN. (Foto: Istimewa)

Jumat, 20 September 2019 - 15:12 WIB

Relaksasi LTV Pacu Penyaluran KPR Non Subsidi BTN

Jakarta-Angin segar bagi sektor perbankan datang dari Bank Indonesia (BI) yang memangkas Suku Bunga Acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (DRRR) menjadi 5,25% atau turun sebesar 25 basis point

Kepala Biro Pariwisata dan Komunikasi Pemerintah Kota Taipe, Liu Yi-Ting (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 20 September 2019 - 15:10 WIB

Hadir di Kompas Travel Fair 2019, Undiscovered Taipe Promosikan Kota Ramah Muslim

Kota Taipe, Taiwan turut berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di Indonesia "Kompas Travel Fair 2019". Bertema Undiscovered Taipe, paviliun dibuka langsung oleh Duta Besar Kamar Dagang…

Jeka Saragih Hadapi Mhar John Manahan International Fight Kelas Ringan

Jumat, 20 September 2019 - 15:00 WIB

Jeka Saragih Hadapi Mhar John Manahan International Fight Kelas Ringan

One Pride Pro Never Quit, Promotor MMA terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200 laga per tahun serta menghadirkan 300 petarung yang berasal dari 50 klub yang tersebar di Indonesia, kembali…