Presiden Jokowi-Sultan Brunei Bertanding Bulu Tangkis

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Mei 2018 - 04:38 WIB

Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo dan Sultan Hassanal Bolkiah beradu kemampuan lewat pertandingan bulu tangkis di GOR Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis petang (3/5/2018) , dengan skor imbang 25-25.

Dalam pertandingan ini, Presiden Jokowi berpasangan dengan legenda bulutangkis Indonesia Alan Budi Kusuma, sementara Sultan Hassanal berpasangan Hendri Saputra.

Pertandingan antarkedua kepala negara ini berlangsung sengit. Presiden Jokowi yang mengenakan kaos oblong putih awal-awal memimpin atas Sultan. Namun, perlahan orang nomor satu di Brunei Darussalam itu menyamakan skor menjadi 10-10. Setelah itu pertandingan berimbang dengan saling mengejar.

Duel semakin sengit saat tim Jokowi diimbangi 20-20 oleh tim Sultan Bolkiah. Kejar-kejaran poin berlangsung hingga skor akhir 25-25 untuk kedua tim.

Jokowi pun langsung angkat raket tidak melanjutkan pertandingan. Jokowi pun digantikan oleh Menko Polhukam Wiranto. Tim Sultan Bolkiah berhasil mengalahkan tim Wiranto dengan skor 21-16.

Pertandingan ini berjalan meriah dengan teriakan dan tepuk tangan dari penonton yang diisi anggota TNI dan para awak media.

Hadir menonton pertandingan perwakilan dari Indonesia dan Brunei Darussalam. Dari Indonesia ada Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Usai pertandingan, Presiden Jokowi mengatakan persahabatan antar negara ini tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal saja.

Kepala negara menyebutkan, upaya yang dilakukan dengan Sultan Brunei merupakan bagian dari "soft diplomasi".

"Ada yang namanya 'soft diplomasi'. Dan memang saya tahu Sultan Hassanal Bolkiah itu memang hobinya badminton, saya pernah bertanya dan beliau menjawab. Dalam sehari, beliau tiga kali main badminton dan sekali main bisa sampai tiga set. Jadi, waktu di ASEAN Summit, kemudian di Australia dan Singapura, saya mengajak beliau untuk datang ke Indonesia bermain badminton," ujarnya.

Jokowi mengaku mengeluarkan keringat yang cukup banyak dan merasa segar.

"Keringat keluar banyak, tapi yang paling penting tamunya terlayani dan senang. Inilah bagian dari persahabatan antarnegara," kata Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Direksi Mandiri Syariah bersama anak Yatim

Minggu, 26 Mei 2019 - 22:58 WIB

Mandiri Syariah Ajak 1000 Anak Yatim Belanja

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyelenggarakan program Sahabat Belanja Yatim dengan mengajak 1000 anak yatim berbelanja pakaian lebaran untuk menyambut Idul Fitri 1440…