Industri Plastik Serap 37.327 Tenaga Kerja

Oleh : Ridwan | Rabu, 02 Mei 2018 - 14:22 WIB

Sekjen Kemenperin, Haris Munandar
Sekjen Kemenperin, Haris Munandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Industri plastik nasional saat ini diketahui mampu menyerap 37.327 tenaga kerja dengan total produksi mencapai 4,68 juta ton per tahun.

"Jumlah industri plastik mencapai 925 perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk plastik dan mampu menyerap 37.327 tenaga kerja," kata Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar di Jakarta, Rabu (2/5/2018)

Haris menyampaikan, permintaan produk plastik nasional mencapai 4,6 juta ton dan meningkat sebesar 5 persen dalam lima tahun terakhir. Menurutnya, ketergantungan bahan baku plastik impor masih tinggi, sedangkan produsen bahan baku plastik dalam negeri belum mampu mencukupi dari segi kuantitas maupun spesifikasi produk.

Kemenperin mengantisipasi hal itu dengan pemberian fasilitasi diantaranya melalui Bea Masuk DItanggung Pemerintah (BMDTP) dalam menghadapi kendala pemenuhan bahan baku dan persaingan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu, lanjut Haris, Kemenperin juga memberikan dukungan dan mendorong pertumbuhan industri plastik nasional sehingga mampu bersinergi dan terintegrasi melalui beberapa hal, di antaranya kerjasama antar stakeholders dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, memfasilitasi promosi dan investasi, penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), tata niaga impor, dan penguatan riset dan pengembangan (R&D).

"Serta kebijakan lain yang mendukung peningkatan daya saing agar produk plastik dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar internasional," ungkap Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.