Mengapa Donat Berbentuk Bulat? Begini Sejarahnya Loh!

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 April 2018 - 15:00 WIB

Kue Donat (Istimewa)
Kue Donat (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jajanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat kuliner di Indonesia, yaitu donat. Kuliner ini, sangat digemari oleh para kalangan mulai dari yang muda, hingga yang tua. Camilan manis ini, sangat populer menjadi teman untuk hanya sekedar meminum teh ataupun secangkir kopi di pagi atau sore hari.

Seiring berkembangnya beraneka ragam kuliner di Indonesia, donat sudah banyak mengalami perubahan, dan dimodifikasi menjadi camilan yang semakin digemari oleh semua kalangan. Mulai dari toping yang berupa cokelat butir, es krim atau lapisan gula.

Tetapi, pernahkan Kamu berpikir mengapa donat memiliki bentuk yang unik? yaitu berbentuk bulat namun di tengahnya terdapat lubang. Lalu mengapa donat yang dijual hingga saat ini bentuknya tidak pernah berubah. Ternyata, ada hal unik penyebab mengapa bentuk donat seperti itu.

Dikutip dari inuth, Kamis (26/4/2018), awalnya, donat disebut kue goreng karena seluruh bagian adonan berbahan tepung yang manis dan digoreng dalam minyak.

Dulu, donat tersedia dalam berbagai bentuk seperti panjang, bulat. Namun, ketika kue ini digoreng, bagian tengah adonan biasanya tetap mentah, sementara bagian lainnya tergoreng dengan penuh.

Karena ingin membuatnya lebih enak, seorang pelaut di pantai Amerika, Kapten Hanson Gregory mulai mengembangkan idenya dan mulai membuat inovasi membuat donat dengan lubang di tengahnya. Ketika Ia selesai berlayar, dan kembali ke rumah, Ia langsung memberitahukan kepada ibunya cara memasak donat seperti apa yang Ia pikirkan yaitu dengan membuat lubang di tengahnya.

Dan, ide tersebut berhasil dan Ia mulai membuat donat yang sama sebagai bekal untuk perjalanannya selanjutnya. Sejak saat itu pada 22 Juni 1847, digadang-gadang donat berlubang di tengah mulai populer.

Selain ide Kapten Hanson, ada cerita yang beredar yaitu Gregory yang juga seorang pelaut, Ia juga sangat menyukai donat. Karena di laut sering terjadi badai, bentuk donat yang tadinya bulat utuh, Ia tusukan ke dalam setir kapal dan membuat donat itu berlubang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…