APP Sinar Mas Terus Perkuat Komitmen Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 April 2018 - 06:33 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas terus memperkuat strategi Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi dan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di area konsesi pemasok bahan baku APP Sinar Mas. 

Selain itu, Perusahaan juga turut mendukung target Presiden Indonesia Joko ‘Jokowi’ Widodo, yaitu zero fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan pada musim kemarau tahun ini.

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menyampaikan, APP Sinar Mas sebagai bagian dari komponen bangsa bangga dapat mendukung Indonesia dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 untuk kedua kalinya di Indonesia. 

"Tidak hanya melalui dukungan sponsorship sebagai mitra resmi Asian Games, tetapi juga melalui kontribusi dalam mencegah dan menanggulangi karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung.” kata Suhendra melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Kamis (26/4/2018).

Sampai dengan tahun 2018 APP Sinar Mas menginvestasikan lebih dari US$100 Juta untuk upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla, ditambah investasi sekitar US$3,8 Juta yang dikhususkan untuk persiapan menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018.

APP Sinar Mas juga terus melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan otoritas dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mencegah dan menangani karhutla di seluruh wilayah operasi. Hal ini sejalan dengan komitmen perlindungan hutan APP Sinar Mas yang tertuang dalam Forest Conservation Policy (FCP).

“APP Sinar Mas menerapkan empat pilar Manajemen Penanggulangan Kebakaran Terintegrasi, yaitu Pencegahan, Persiapan, Deteksi Dini, dan Respon Cepat. Penanganan karhutla yang sinergis dan terintegrasi merupakan salah satu prioritas utama APP Sinar Mas dalam menjaga kelestarian hutan,” papar Fire Data and Information Technology Manager APP Sinar Mas Gustaf Rantung.

Selain itu, APP Sinar Mas juga menginisiasi program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), yang merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang dikombinasikan dengan pelestarian alam dan lingkungan sekitar. 

Melalui program ini, masyarakat diarahkan mengelola lahan secara agroforestri dengan bercocok tanam hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan olahan makanan untuk konsumsi sendiri atau dijual.

APP Sinar Mas memfasilitasi hal tersebut dari hulu hingga ke hilir, mulai dari penyediaan alat, benih, pendampingan, hingga membantu memasarkan produk. Program ini ditargetkan ke 500 desa sampai dengan tahun 2020 di sekitar dan dalam wilayah konsesi pemasok APP Sinar Mas, dengan menyalurkan dana bergulir senilai US$10 Juta.

Head of Corporate Social and Security APP Sinar Mas Agung Wiyono menjelaskan, program DMPA yang pertama kali digagas pada akhir tahun 2015 kini telah menjangkau 191 desa yang tersebar di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat. Per Maret 2018, penerima manfaat program DMPA telah mencapai 13.814 Kepala Keluarga.

“Selain pencegahan karhutla, DMPA juga bertujuan untuk membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat yang berada di dalam wilayah atau sekitar konsesi dengan membantu meningkatkan pendapatan dan pangan, membangun kemitraan pasar, melakukan transfer teknologi, serta pencegahan konflik dan kebakaran hutan, serta menjaga kelestarian hutan disekitar desanya,” Tambah Agung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

zoneAlarms

Kamis, 02 April 2020 - 23:10 WIB

ZoneAlarm Launches New Web Secure Free Advanced Chrome Extension to Protect Users against the Most Common Online Threats

Check Point Software Technologies Ltd. (NASDAQ: CHKP) has today announced the launch of its ZoneAlarm Web Secure Free solution, giving users 100% free protection against phishing attacks, malicious…

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FotoIst)

Kamis, 02 April 2020 - 21:50 WIB

Perpu Nomor 1 tahun 2020 Beri Kewenangan Tambahan LPS Dalam Menjamin Dana Nasabah Akibat Pandemi Covid-19

Dalam konferensi pers bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, dan Ketua Dewan Komisioner OJK pada tanggal 1 April 2020 melalui video conference,…

Stop Kekerasan Terhadap Wartawan

Kamis, 02 April 2020 - 20:54 WIB

Setelah Tabrak SOP WHO, Oknum Protokol Anak Buah Walikota Palembang Tantang dan Ancam Wartawan Saat Press Confrence Covid-19

"Kami ini manusia juga, kenapa kami dikumpulkan di tempat berdesakan seperti ini, sesuai SOP WHO harus menjaga jarak minimal 1,5 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19," ungkap satu wartawan.…

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi saat tinjau banjir di Indramayu

Kamis, 02 April 2020 - 20:45 WIB

Kementan Kirim Benih ke 2.708 Hektar Lahan Terdampak Banjir Indramayu

Dampak iklim ekstrim yang terjadi di awal Maret 2020 mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Indramayu, dampaknya dilaporkan banjir menggenangi beberapa areal persawahan. Dengan respon cepat,…

Pemasok bawang putih sedang berada di gudangang

Kamis, 02 April 2020 - 20:27 WIB

Harga Bawang Putih Melambung di Musim Corona, KPPU: Ingat Pemerintah Dapat Mem-Blacklist Anda Para Importir Nakal

KPPU sendiri telah meningkatkan pengawasannya atas sektor pangan guna menjaga agar tidak terdapat pelaku usaha yang secara bersama-sama menahan pasokan atau memberikan harga yang sangat tinggi…