Menteri BUMN Rini Resmikan BUMDES yang Menyerap Gabah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 14:36 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PT Mitra Desa Bersama Tempuran atau PT Mitra Sasaran yang menyerap gabah petani di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018)

"Kami bertanggung jawab melalui sinergi BUMN, kita bisa membuat satu sistem yang memperbaiki pendapatan petani. Sehingga kesejahteraan petani meningkat," katanya di sela peresmian program kewirausahaan petani, di Kecamatan Rawamerta, Karawang.

BUMDes Mitra Sasaran nantinya bakal memiliki fasilitas penggilingan padi. Sehingga bisa digunakan oleh para petani. Harapannya, dengan adanya penggilingan ini petani bisa menjual beras yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan gabah.

Dalam peresmian itu, PT Pupuk Indonesia mengenalkan Pupuk Indonesia (PI) Mart yang merupakan toko milik Mitra Sasaran, dengan menyediakan produk-produk pertanian diantaranya pupuk, pestisida, benih, beras, LPG, dan semen. Tujuannya memberikan fasilitas satu pintu kepada petani untuk pemenuhan kebutuhan petani.

Mitra Sasaran itu sendiri berlokasi di Kecamatan Rawamerta, Karawang dengan luas 39.954 meter2 atau hampir 4 hektare.

BUMDes Mitra Sasaran ini merupakan salah satu saluran program kewirausahaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani, yang dikembangkan oleh PT Pupuk Indonesia melalui salah satu anggota perusahaanya yaitu PT Pupuk Kujang.

Harapannya, Mitra Sasaran akan jadi mitra petani dalam berbagai kegiatan produksi tani mereka, seperti proses penyediaan bibit, pupuk, pengajuan Kredit Usaha Rakyat, hingga penjualan hasil tani.

Dalam kunjungannya ke Karawang, rombongan Menteri BUMN didampingi Bupati Karawang dan jajaran Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang melakukan kegiatan Panen bersama di kecamatan Tempuran.

Kemudian ada penyerahan Bantuan CSR dari Pupuk Indonesia yaitu Bedah Sekolah berupa pembangunan ruang kelas & tambahan MCK untuk SDN Lemah Duhur 2 dan 3.

Bantuan CSR itu menjadi bentuk perhatian dan kepedulian Pupuk Indonesia kepada generasi penerus bangsa, dalam kesempatan tersebut diberikan kepada siswa siswi di Kecamatan Tempuran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…