Milestone Pembangunan Tunas Integritas di Kementerian Pertanian

Oleh : Wiyanto | Senin, 16 April 2018 - 18:28 WIB

Gedung Kementerian Pertanian
Gedung Kementerian Pertanian

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian Pertanian yang di prakarsai oleh Inspektorat Jenderal sejak tahun 2016 telah melakukan kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) membentuk Sistem, Agen dan Komite Integritas (WOSAKI) yang beranggotakan pejabat eselon I dan Eselon II terpilih di lingkungan Kementerian Pertanian.

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai langkah awal (milestone) untuk menghasilkan Tunas-Tunas Integritas di Kementerian Pertanian.

Menurutnya, pembinaan tekad antikorupsi diarahkan untuk mendorong pencapaian program pengan berkelanjutan melalui pengendalian pelaksanaan program dan pelayanan pertanian serta pembangunan tunas-tunas Integritas di lingkungan Kementerian Pertanian.

"Selain itu mengawal penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Kementerian Pertanian, seperti masalah lahan, prasarana dan sarana pertanian, inovasi teknologi pertanian dan pengadaan barang/jasa serta pungutan liar (pungli) di bidang pelayanan pertanian," kata dia di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Saat ini ke depan, kata dia, pembinaan tekad antikorupsi oleh Inspektorat Jenderal diarahkan  pada mencetak (Repro) sebanyak mungkin tunas-tunas integritas, yang diperankan dalam pencegahan terjadinya pungutan liar (Pungli) dalam pelaksanaan program dan pelayanan pertanian, melalui kegiatan pembinaan tekad antikorupsi melalui kegiatan repro tunas integritas : Pungli Stop pada Program dan Pelayanan Pertanian atau “Protani”.

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan mengharapkan dengan kegiatan “Protani” akan terbentuk tunas-tunas integritas yang memiliki etos kerja dan semangat gotong royong yang tinggi , serta memberikan kualitas pelayanan professional, integritas dan bersih kepada masyarakat dan terbentuk Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBBM) demi mewujudkan Lumbung Pangan Dunia 2045.

Pembinaan “Protani” merupakan kelanjutan dan penyempurnaan Pembinaan Tekad Antikorupsi di Kementerian Pertanian yang lebih difokuskan pada pemantapan strategi integritas dan internalisasi nilai nilai agraris yang dilandasi dengan semangat, beribadah, bekerja, belajar,berkarya dan berbagi untuk penguatan organisasi sumberdaya pertanian guna mengawal dan mewujudkan program pangan berkalnjutan da pelayanan pertanian untuk menuju lumbung pangan dunia tahun 2045.

 
 
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.