Timah Fokus Kembangkan Usaha Penambangan dan Pengolahan Bijih Timah di Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 16:13 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk memfokuskan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah di Nigeria, sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," kata Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani di Pangkalpinang, Selasa (10/4/2018).

Bentuk keseriusan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah tersebut di Nigeria, setelah adanya penandatangan Shareholder Agreement antara PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali pada Senin (9/4/2018), sebagai bentuk keseriusan Indonesia meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika yang bertajuk Indonesia Afrika Forum (IAF).

Penandatangan kerja sama pengembangan usaha perusahaan tambang timah Indonesia dengan Nigeria tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika.

Riza mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan khususnya penambangan di Nigeria.

"Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," ujarnya.

Ia mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan bersama PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd pada 2017 dalam ruang lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

"Kita melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah di Afrika yang potensial secara deposit cadangan dan memiliki sejarah panjang tentang pertimahan, sehingga dapat memaksimalkan cadangan timah perusahaan ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Topwide juga mengatakan bahwa mereka menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan PT TIMAH Tbk yang merupakan perusahaan yang berpengalaman puluhan tahun dibidang penambangan dan pengolahan logam timah.(tar)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dolar Singapore (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 07 April 2020 - 17:17 WIB

Cadangan Devisa Tergerus Akhir Maret 2020

Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2020 tercatat sebesar 121,0 miliar dolar AS, lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Februari 2020 sebesar 130,4 miliar dolar AS.

IPC Salurkan Dana untuk Bantu Tanggulangi Pandemi Covid-19

Selasa, 07 April 2020 - 17:00 WIB

IPC Salurkan Dana untuk Bantu Tanggulangi Pandemi Covid-19

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC memberikan bantuan dana untuk membantu penanggulangan pandemi Corona (Covid-19). Bantuan senilai Rp. 400 juta diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir untuk…

Komunitas Plastik untuk Kebaikan Sumbang Sembako untuk Pemuluang

Selasa, 07 April 2020 - 16:55 WIB

#Komunitas Plastik untuk Kebaikan Sumbang Sembako untuk Pemulung

Salah satu kelompok rentan yang sangat terpengaruh oleh wabah pandemi covid 19 adalah pemulung dan petugas kebersihan. Bukan saja karena penghasilan mereka merosot tajam sebagai akibat kebijakan…

Ojek online sedang mengambil pesanan costumer

Selasa, 07 April 2020 - 16:00 WIB

Masyarakat Antusias Belanja Online di TTIC Kementan

Antrian panjang terlihat dari pintu masuk Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pengunjung yang didominasi oleh driver Gojek ini bergantian masuk ke dalam pasar…

Gerakan 15.000 Masker, ASDP Berdayakan UMKM Lokal Sekitar Pelabuhan di Seluruh Indonesia

Selasa, 07 April 2020 - 16:00 WIB

Gerakan 15.000 Masker, ASDP Berdayakan UMKM Lokal Sekitar Pelabuhan di Seluruh Indonesia

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar secara serentak program Gerakan 15.000 Masker Kain dengan memberdayakan Ikatan Istri Karyawan ASDP (IIKA) dan UMKM penjahit lokal di lingkungan seluruh…