Timah Fokus Kembangkan Usaha Penambangan dan Pengolahan Bijih Timah di Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 16:13 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk memfokuskan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah di Nigeria, sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," kata Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani di Pangkalpinang, Selasa (10/4/2018).

Bentuk keseriusan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah tersebut di Nigeria, setelah adanya penandatangan Shareholder Agreement antara PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali pada Senin (9/4/2018), sebagai bentuk keseriusan Indonesia meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika yang bertajuk Indonesia Afrika Forum (IAF).

Penandatangan kerja sama pengembangan usaha perusahaan tambang timah Indonesia dengan Nigeria tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika.

Riza mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan khususnya penambangan di Nigeria.

"Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," ujarnya.

Ia mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan bersama PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd pada 2017 dalam ruang lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

"Kita melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah di Afrika yang potensial secara deposit cadangan dan memiliki sejarah panjang tentang pertimahan, sehingga dapat memaksimalkan cadangan timah perusahaan ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Topwide juga mengatakan bahwa mereka menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan PT TIMAH Tbk yang merupakan perusahaan yang berpengalaman puluhan tahun dibidang penambangan dan pengolahan logam timah.(tar)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:27 WIB

KASAD Resmikan Yon Arhanud 9AWJ dan Yon Armed 20/155 GS/BY

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya…

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…