Timah Fokus Kembangkan Usaha Penambangan dan Pengolahan Bijih Timah di Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 16:13 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk memfokuskan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah di Nigeria, sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," kata Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani di Pangkalpinang, Selasa (10/4/2018).

Bentuk keseriusan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah tersebut di Nigeria, setelah adanya penandatangan Shareholder Agreement antara PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali pada Senin (9/4/2018), sebagai bentuk keseriusan Indonesia meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika yang bertajuk Indonesia Afrika Forum (IAF).

Penandatangan kerja sama pengembangan usaha perusahaan tambang timah Indonesia dengan Nigeria tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika.

Riza mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan khususnya penambangan di Nigeria.

"Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," ujarnya.

Ia mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan bersama PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd pada 2017 dalam ruang lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

"Kita melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah di Afrika yang potensial secara deposit cadangan dan memiliki sejarah panjang tentang pertimahan, sehingga dapat memaksimalkan cadangan timah perusahaan ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Topwide juga mengatakan bahwa mereka menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan PT TIMAH Tbk yang merupakan perusahaan yang berpengalaman puluhan tahun dibidang penambangan dan pengolahan logam timah.(tar)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK saat upacara HUT RI ke 74

Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:15 WIB

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Wayang, sebagai warisan seni budaya yang sudah diakui oleh dunia, harus terus dijaga kelestariannya. Untuk itu wayang harus bisa menjangkau kaum milenial yang saat ini tumbuh dalam dunia yang…

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:05 WIB

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Penerbit Smart Media menyelenggarakan acara Launching dan Bedah Buku terbaru karya Mulyanto Utomo berjudul ‘Orang Lumpuh Naik Haji’, di Rumah Makan Taman Sari, Jalan Adi Sucipto, Colomadu,…

Tarian Caci bisa disebut permainan adu ketangkasan antara dua orang laki-laki. Keduanya mencambuk dan menangkis cambukan lawan secara bergantian. Atraksi mencambuk yang selingi dengan tarian ini terlihat begitu heroik dan indah.

Minggu, 18 Agustus 2019 - 00:50 WIB

Perempuan Manggarai Jakarta, Sukses Meriahkan HUT RI dengan Atraksi Budaya Manggarai

Jakarta-Anjungan Nusa Tenggara Timur (NTT) Taman Mini Indonesia Indah (TMI) bergemuruh. Tepuk tangan menggema dari penonton yang jumlahnya lebih dari 3000-an orang. Mereka terdiri dari Diaspora…

Ilustrasi asuransi kesehatan.(Ist)

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 21:57 WIB

SQIMC, Asuransi Kesehatan Tambahan yang Mengcover Hingga Rp90 Miliar

Sequis menghadirkan Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC), asuransi kesehatan tambahan yang dapat digunakan di seluruh dunia.