Timah Fokus Kembangkan Usaha Penambangan dan Pengolahan Bijih Timah di Nigeria

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 April 2018 - 16:13 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - PT Timah Tbk memfokuskan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah di Nigeria, sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika.

"Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," kata Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani di Pangkalpinang, Selasa (10/4/2018).

Bentuk keseriusan pengembangan usaha penambangan dan pengolahan bijih timah tersebut di Nigeria, setelah adanya penandatangan Shareholder Agreement antara PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd di Nusa Dua Bali Convention Center (NDBCC) Bali pada Senin (9/4/2018), sebagai bentuk keseriusan Indonesia meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara di Afrika yang bertajuk Indonesia Afrika Forum (IAF).

Penandatangan kerja sama pengembangan usaha perusahaan tambang timah Indonesia dengan Nigeria tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika.

Riza mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan khususnya penambangan di Nigeria.

"Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, kami terus fokus untuk mengerjakan langkah-langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria," ujarnya.

Ia mengatakan Shareholder Agreement ini merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan bersama PT Timah Tbk dengan Topwide Venture Ltd pada 2017 dalam ruang lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

"Kita melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah di Afrika yang potensial secara deposit cadangan dan memiliki sejarah panjang tentang pertimahan, sehingga dapat memaksimalkan cadangan timah perusahaan ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Topwide juga mengatakan bahwa mereka menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan PT TIMAH Tbk yang merupakan perusahaan yang berpengalaman puluhan tahun dibidang penambangan dan pengolahan logam timah.(tar)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.

OVO menggelar program bertajuk COBLOS - Cashback OVO Buat Belanja Lancar Boss #lumayanbanget, dengan menawarkan cashback 60% yang dimulai 17 April hingga 30 April 2019.

Sabtu, 20 April 2019 - 09:17 WIB

Progam Diskon Pemilu 2019, Penjualan Ritel Naik 10 Kali Lipat

Program diskon khusus Pemilu 2019 bertajuk Kelingking Fun mencatatkan tren peningkatan penjualan dan lonjakan pengunjung pusat perbelanjaan. Diskon itu dihelat pada 17 April 2019 di sejumlah…