Kopi dan Soto Jadi Andalan Bekraf Majukan Kuliner Indonesia ke Luar Negeri

Oleh : Dina Astria | Rabu, 11 April 2018 - 12:30 WIB

Hanifah Makarim, Deputi Akses Permodalan Bekraf hadir di Incubator Camp Blue Band Master pada Selasa (10/4). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Hanifah Makarim, Deputi Akses Permodalan Bekraf hadir di Incubator Camp Blue Band Master pada Selasa (10/4). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Berdasarkan data yang disampaikan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terkait Rencana Pengembangan Kuliner Indonesia, sektor kuliner Indonesia sesungguhnya mempunyai potensi besar untuk berkembang lebih pesat apabila memiliki identitas kuliner lokal yang kuat dan tidak terpengaruh popularitas kuliner asing.

Selain itu, data yang dirilis Kementerian Perindustrian pada 2017 kemarin menunjukkan bahwa industri kuliner merupakan salah satu penyumbang PDB terbesar di sektor non-migas sebesar 34,95 persen.

Oleh karena itu, Berkraf tentunya mendukung penuh memajukan sektor kuliner Indonesia ke luar negeri. Kopi dan soto, telah terpilih sebagai kuliner yang dijagokan Bekraf untuk bisa diterima di luar negeri.

"Kenapa kopi dan soto? Karena menurut Bekraf itu yang bisa diterima di luar negeri. Kalau kopi, jelas bahwa kopi Indonesia sudah sangat meluas dan Indonesia menempati urutan keempat negara penghasil kopi terbesar. Selain itu, soto, kalau di luar negeri sama halnya dengan soup, kan. Lebih general," ungkap Hanifah Makarim, Kasubdit Dana Masyarakat Direktorat Akses Non Perbankan Deputi Akses Permodalan Bekraf, saat ditemui Industry.co.id di acara Incubator Camp Blue Band Master pada hari Selasa (10/4) kemarin.

Hanifah menambahkan, terlebih lagi budaya minum kopi sudah ada sejak lama sebelum coffee shop bermunculan di Indonesia.

Sementara itu, Bekraf sendiri belum memberitahu pasti mengenai soto apa yang Bekraf jagokan nanti.

"Dari 40 jenis soto di Indonesia, kita masih melakukan seleksi kira-kira soto apa yang menjadi andalan Bekraf untuk ke luar negeri," tutup Hanifah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…