Mencicipi Soto Khas Lamongan Asli di Cak Har, Surabaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB

Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)
Soto Lamongan Cak Har Surabaya (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabata- Berlibur ke Kota Pahlawan, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinernya yang sedap, seperti Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno nomor 220, Semolowaru, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Lamongan yang memilih kuah yang berawarna kuning dan kental.

"Soto ayam Lamongan khas kuahnya memang kental, karena memakai kemiri yang banyak dan untuk warna kuningnya menggunakan kunyit," kata Jumali, salah satu pramusaji Soto Lamongan Cak Har, di Surabaya, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya, soto ayam Lamongan memang memiliki keaslian dengan warna kuah yang kuning dan kental. Dan, berbeda dengan di daerah lain terutama di Jakarta yang kuahnya berwarna bening.

"Lamongan ada dua macam soto, kalau agak ke arah barat memang bening kuahnya. Tetap,i kalau ke arah timur, kuahnya berawan kuning dan kental," jelasnya.

Sementara, menurut Siti yang juga salah satu pramusaji mengatakan, untuk menunya, seperti soto ayam, soto jeroan, soto kulit, dan bisa juga dicampur dengan telur atau ditambah dengan sate ati ampela dan usus sesuai dengan permintaan pelanggan.

"Semua harganya Rp20 ribu, tetapi jika ingin ditambah dengan sate ati ampela cukup membayar uang tambahan Rp10 ribu," Imbuh Siti.

Dalam satu porsi soto ayam Lamongan, Kamu bisa mencicipi ayam suir dengan porsi yang banyak, dicampur dengan sohun, seledri, kuahnya yang kental dan tak lupa dengan nasi panas. Dan, mereka juga menyediakan koya di dalam wadah jadi, pengunjung bisa  menaruh koya di atas sotonya sesuai dengan keinginannya.

Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06:00 pagi hingga pukul 02:00 dini hari. Selain di Surabaya, Cak Har juga mempunyai franchise di Makassar dan Solo. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…