Dua Perusahaan Nasional Berencana IPO Dalam Waktu Dekat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 April 2018 - 07:35 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bursa Efek Indonesia (BEI) mengemukakan bahwa dua perusahaan merencanakan untuk meraih pendanaan dari pasar modal melalui skema penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Hamdi Hassyarbaini, di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kedua perusahaan itu, yakni PT Panca Mitra Multi Perdana yang bergerak di bidang pengolahan produk-produk seafood, dan PT Kota Satu Properti.

"Dua perusahaan itu telah melakukan paparan mini terkait rencana IPO dengan BEI," ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa Panca Mitra Multi Perdana merencanakan untuk melepas sekitar 30 persen sahamnya ke publik melalui mekanisme IPO, dan target dana yang diraih dari hasil aksi korporasi ini sebesar Rp800 miliar.

"Dana yang diraih itu sekitar 80 persen akan digunakan untuk modal kerja, dan sisanya untuk pembayaran utang," katanya pula.

Ia menambahkan bahwa perusahaan telah menunjuk penjamin pelaksana emisi, yakni Danareksa Sekuritas dan RHB Sekuritas Indonesia. Dalam pengajuan IPO itu, perusahaan menggunakan buku laporan keuangan audit periode Desember 2017, jika prosesnya lancar diperkirakan sahamnya tercatat di BEI pada Juni.

Sedangkan untuk Kota Satu Properti, Hamdi Hassyarbaini mengatakan, perusahaan asal Semarang itu juga akan melepas sebanyak 30 persen sahamnya ke publik. Perusahaan menunjuk Victoria Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi IPO.

Direktur Utama Kota Satu Property Hero Wiratno Gunawan mengatakan bahwa dana hasil IPO rencananya akan digunakan untuk mendukung ekspansi perusahaan dalam mengembangkan proyek rumah tapak serta pengembangan hotel.

"Dana IPO untuk ekspansi, Jawa Tengah sedang dilirik sekarang ini. Proyek kami landed house, hotel bisa lewat akuisisi," katanya pula. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirimi Kementerian ESDM Surat Evaluasi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…