Pabrik Kertas Kraft Aceh Segera Tingkatkan Produksi Pulp

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 07:55 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan dukungan bagi PT Kertas Kraft Aceh (Persero) untuk merevitalisasi pabrik sebagai langkah awal pengoperasian kembali perusahaan penghasil kertas kantong semen.

"PT Kertas Kraft Aceh (KKA) tidak perlu mengubah izin usaha industri (IUI) bila kapasitas pabrik tetap seperti izin awal. Ketentuan tersebut juga berlaku bila perusahaan pelat merah itu memperbaharui spesifikasi kertas, tetapi masih dalam satu klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI)," kata Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kemenperin, Edy Sutopo kepada pers di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Edy menyatakan, sangat mendukung penuh revitalisasi Kertas Kraft Aceh karena akan meningkatkan produksi pulp dan kertas nasional. Tahun lalu, kapasitas produksi industri pulp dan kertas berturut-turut 6,4 juta ton dan 10,4 juta ton.

"Padahal, kapasitas terpasang pabrik pulp dan kertas masing-masing 7,9 juta ton dan 12,9 juta ton. Pabrik KKA sendiri berkapasitas sekitar 130.000 ton per tahun," papar dia.

Meskipun hanya berkontribusi 2% dari kapasitas terpasang nasional, lanjut Edy, kehadirannya tetap penting karena memproduksi kertas kebutuhan khusus sebagai bahan baku kantong semen.

"Tentunya pengoperasian KKA akan meningkatkan ketersediaan kertas kantong semen dalam rangka mendukung perkembangan industri semen nasional yang berkembang cukup pesat," ujar Edy.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengimpor bahan baku kantong semen senilai US$134,89 juta pada semester I tahun lalu. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).

BMW M5 Edition 35 Years

Jumat, 03 April 2020 - 19:05 WIB

Dibanderol Seharga Rp5,1 miliar, 350 Unit BMW M5 Edisi 35 Years Resmi Mengaspal

BMW Indonesia dan BMW Eurokars meluncurkan BMW M5 Edition 35 Years di Indonesia secara virtual menggunakan aplikasi konferensi video, Jumat (3/4/2020). Mobil ini akan dijual secara terbatas…