Libur Panjang Perayaan Paskah, Okupansi Hotel di Bandung diperkirakan Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 31 Maret 2018 - 12:15 WIB

The Citrus Pool Bar - BBQ Night, Four Points by Sheraton Bandung
The Citrus Pool Bar - BBQ Night, Four Points by Sheraton Bandung

INDUSTRY.co.id, Bandung - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat mengungkapkan bahwa tingkat keterisian (okupansi) hotel di Kota Bandung pada jelang libur Paskah akhir pekan ini, Kamis malam (29/3/2018) hanya 55 persen.

"Kalau long weekend hari ini hingga besok cukup bagus. Tadi malam masih diangka 55 persen lah dari 470 hotel yang ada," ujar Ketua PHRI Jabar, Herman Mochtar, Jumat (30/3/2018)

Herman mengatakan, okupansi hotel pada Jumat malam diperkirakan akan terus meningkat. PHRI memperkirakan wisatawan baru berdatangan ke Kota Bandung pada Jumat.

"Malam ini bisa 90 persen saya kira, tapi lihat kondisi dan situasinya," ujar dia.

Ia mengatakan, tingkat okupansi hotel dari tahun ke tahun di Kota Bandung menunjukan grafik penurunan. Pada 2017 angka hunian dapat mencapai 70 persen, namun tahun ini, PHRI mendapat laporan hanya sekitar 60-65 persen.

Ia menduga penurunan ini akibat kejenuhan para wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara datang ke Kota Bandung. Mereka tidak menemukan sesuatu hal yang baru ketika berwisata ke Kota Bandung.

"Bisa kita lihat penerbangan dulu dari Kuala Lumpur ke Bandung bisa tiga kali, sekarang tinggal 1,5 kali. Singapura dulu lima kali sekarang dua kali," kata dia.

Menurutnya, agar bisnis hunian kembali menggeliat, perlu adanya promosi pariwisata baru yang dapat ditawarkan pemerintah daerah. Bandung yang dikenal sebagai kota pariwisata dan kuliner harus lebih didorong sebagai destinasi unggulan.

Apabila dibandingkan dengan provinsi maupun daerah lain, Jabar khususnya Kota Bandung tertinggal dalam hal promosi. Kata Herman, provinsi maupun daerah lain melakukan promosi dengan menyasar langsung ke wilayah-wilayah lainnya yang ada di Indonesia.

"Kemudian kita harus melakukan program promosi yang terarah. Wisnus sangat kita andalkan, kalau Wisman sudah sangat sulit. Wisnus jadi pasar besar dan Bandung jadi perhatian mereka," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…