Rp200 Miliar Disiapkan untuk Sektor Infrastruktur KEK Morotai

Oleh : Herry Barus | Kamis, 29 Maret 2018 - 14:42 WIB

Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)
Ilustrasi KEK Morotai (Foto Pemkot)

INDUSTRY.co.id - Ternate- Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) menyatakan, untuk tahun 2018 Pemerintah Pusat (Pempus) menyediakan dana Rp200 miliar untuk pembangunan sector infrastruktur di Kabupaten Pulau Morotai melalui dana APBN.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Pulau Morotai, Abjan Sofyan melalui siaran pers yang diterima awak media, Kamis (29/3/2018)  mengatakan, dana dari APBN itu untuk percepatan pembangunan di Morotai.

Proyek yang bakal dibangun tahun ini yakni antara lain pembagunan talud di Desa Buho-buho Kecamatan Morotai Timur (Mortim), pembukaan luas jalan di Desa Sopi, Desa Wayabullah sepanjang 14 km dengan nilai Rp100 miliar, pergantian jembatan Rp6 miliar lebih, pembangunan jembatan Rp44 miliar lebih, pemasangan air minum dalam kota Rp12 miliar, pembagunan bendungan di Desa Telai Rp26 miliar lebih, pengelola air limba Rp600 juta.

Sementara untuk peningkatan kawasan permukiman Rp26 miliar dan itu akan dibagi dengan pasar dan rumah khusus Rp10 miliar.

Selain itu, masih banyak juga proyek-proyek pembagunan infastruktur yang akan dibangun di tahun 2018 ini, jadi pembagunan proyek fisik ini bukan hanya di tahun 2018, tetapi akan ada juga pada tahun tahun yang akan datang.

"Memang, target Bupati itu empat tahun akan datang semua pembangunan baik jalan, jembatan dan puluhan pembangunan infastruktur lain itu semuanya sudah dituntaskan," ujarnya.

Bahkan, pempus sendiri menjadikan Kabupaten Pulau Morotai sendiri merupakan salah satu daerah yang dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, Kabupaten Pulau Morotai masuk sebagai daerah perbatasan dan memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah objek wisata seperti pasir putih Pulau Dodola.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepulangan 9 WNI dari Libya (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 13:15 WIB

Pandemi Covid-19, KBRI Tripoli Bantu Pemulangan 9 WNI ke Tanah Air

KBRI Tripoli menggandeng KJRI Istanbul untuk melakukan pendampingan para WNI selama transit hingga BP2MI terkait penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta dan pengaturan kepulangan mereka.

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB

OJK: Keuangan Syariah Tumbuh Positif Sepanjang 2020

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus kita dorong perannya dalam membangkitkan perekonomian nasional. Apalagi, potensinya yang begitu besar dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah…

Migas Ilustrasi

Senin, 21 September 2020 - 12:31 WIB

Persiapan Alih Kelola, Pertamina Hulu Rokan Percepat Transisi Data Eksplorasi dan Eksploitasi Blok Rokan

PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berupaya mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan utama agar bisa segera menyiapkan kegiatan…

Daring Lakon Rajamala Bertajuk “The Stories about the Life and the World" (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 12:30 WIB

KBRI Bern Promosikan Budaya Indonesia Lewat Lakon Rajamala Virtual untuk Masyarakat Swiss dan Liechtenstein

Seminar daring beserta pertunjukan wayang daring tersebut merupakan upaya KBRI Bern untuk selalu mempromosikan kebudayaan Indonesia walaupun di situasi pandemi yang membuat hampir seluruh pertunjukan…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 21 September 2020 - 12:16 WIB

Ketua MPR RI Desak Pemerintah Segera Keluarkan Perppu Atur Pilkada Serentak 2020 Dimasa Pandemi

Mendorong pemerintah bersama DPR RI dapat membahas materi Perppu di masa sidang DPR untuk menyetujui perppu tersebut menjadi UU atau tidak, dengan melibatkan para epidemiologi maupun Satgas…