Tren Menurun, Industri Gula di Indonesia Semakin Tidak Manis

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Maret 2018 - 11:02 WIB

Gula Impor Marak di Pasar Tradisional, Petani Merugi
Gula Impor Marak di Pasar Tradisional, Petani Merugi

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI Sri Adiningsih melihat permasalahan gula sudah cukup lama terjadi di Indonesia. Padahal, Indonesia pernah menjadi Eksportir gula terbesar di dunia.

"Sudah cukup lama kita memiliki masalah dengan gula. Gula itu manis tetapi godaannya juga manis dan merupakan sembako yang strategis dan permintaannya juga semakin meningkat," ujar Sri Adiningsih dalam acara 'Seminar Nasional Permasalahan Sektor Gula' yang diselenggarakan oleh Univeraitas Gadjah Mada di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Menurutnya, dalah satu permasalahan yang cukup menyita perhatian adalah semakin berkurangnya luas area tanaman tebu yang ada di Indonesia.

"Dari tahun ke tahun luas area tanaman tebu semakin berkurang. Padahal jika dibandingkan dengan produktivitas seluruh dunia, tebu Indonesiantidak buruk, tapi memang tidak bagus," terangnya.

Saat ini, lanjut Sri, tren produktivitas tebu dalam negeri terus menurun. Selain itu, produksi gula kristal putih Indonesia juga trennya terus mengalami penurunan.

"Ini menjadi tantangan besar buat kita, sampai akhir tahun diharapkan produksi gula putih kristal meningkat," kata Sri.

Disatu sisi, tambah Sri, permintaan akan gula di Indonesia terus bertambah. Setiap tahun rata-rata pertumbuhan permintaan gula di Indonesia mencapai 1 persen.

"Bayangkan, satu sisi menurun disisi lain permintaan terus bertamabah. Ini yang sedang menjadi konesn dari pemerintah untuk segera mencari solusi dari permasalahan gula," ucapnya.

Sri berharap melalui acara 'Seminar Nasional Permasalahan Gula' ini dapat memberikan masukan-masukan bagi pemerintah agar dapat mencari jalan keluar dari permasalahan gula yang sudah cukup lama kita alami.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Rabu, 26 Juni 2019 - 11:05 WIB

AMMDes Kemanakah Kau?

Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk…

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks