Nilai Ekonomi Industri Tembakau Lebih Tinggi dari Komoditas Lainnya

Oleh : Wiyanto | Jumat, 23 Maret 2018 - 14:11 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Industri Hasil Tembakau (IHT) di Indonesia memberikan kontribusi kependatan negara melalui pajak dan cukai. Sisi lain, menyerap tenaga kerja, penerimaan dan perlindungan terhadap petani tembakau.

Penerimaan cukai rokok 9 persen dari total penerimaan negara dari pajak, ini berdasarkan laporan Direktorat Bea dan Cukai pada 2016.

Soeseno, Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia(APTI) mengatakan, komoditas tembakau sebagai tanaman turun-menurun merupakan bukti pertanian tembakau bisa berkelanjutan, karena budidaya tembakau adalah realitas kultural.

"Sampai saat ini, komoditas tembakau memjadi pilihan di saat musim kemarau, karena mempunyai nilai ekonomi tinggi dibandingkan dengan komoditas pertanian lainnya," ujar dia di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Ia katakan, hasil penelitian Universitas Airlangga pada 2013, Hasilnya, dengan luas lahan yang sama , penerimaab tembakau Rp53.282.874 lebih tinggi dibandingkan penerimaan dari jenis padi Rp13.235.778, jagung Rp4.606.162, cabai Rp9.429.971 dan bawang merah Rp7.537.791, kesemuanya berdasarkan per hektar.

"Sayangnya gaung suara sumbang terhadap IHT cukup nyaring. Padahal, pengembangan IHT juga memperhatikan kesehatan masyarakat, selain tetap nengusahakan agar industry dapat tumbuh dengan baik," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:16 WIB

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award 2022 untuk kategori cat dinding dengan predikat Double Platinum.…

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:03 WIB

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR Tahap II kepada Pemerintah Daerah…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:54 WIB

Rumuskan Kebijakan Strategis,Kementerian PUPR Tingkatkan Keterlibatan Para Pakar dan Praktisi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di tengah target penyelesaian pembangunan yang ketat dengan banyaknya tantangan dan derasnya…

Komisioner kelompok kerja (Pokja) Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II, Dr Mustari Irawan MPA

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:43 WIB

174 Instansi Pemerintah & LPNK Mendapat Predikat Kinerja Baik dan Sangat Baik

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai lembaga non struktural bertugas meningkatkan kinerja lembaga pemerintah beserta aparaturnya (ASN). KASN terus mengawasi sekaligus meningkatkan prestasi…

CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi”

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:36 WIB

Respon Perubahan Iklim, CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi”

Komitmen berkelanjutan CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs)